• travel
  • ·
  • 31 Aug 2021

10 Pantai Keren di Jogja Selain Parangtritis

Kredit: Tribun Jogja

Bagi wisatawan Jogja, pasti sudah tidak asing lagi dengan pantai Parangtritis. Pantai di selatan Jogja di kabupaten Bantul yang paling terkenal ini menjadi HotSpot untuk tempat liburan bagi banyak wisatawan dari  luar maupun di Jogja. Pantai di bagian selatan Jogja ini Mempunyai daya tarik sunset yang selalu diburu pengunjung. Tahukah kamu bahwa pantai lain di selatan Jogja banyak yang tidak kalah Indahnya, karena pantai terletak di bagian Selatan pemandangan sunset tidak akan terlewatkan di pantai-pantai lainnya. Berikut list pantai keren di Bantul selain Parangtritis!

  1. Pantai Baru.


    Kredit: Visiting Jogja

Belum banyak yang tau tentang Pantai Baru ini, membuatnya lebih sepi daripada pantai lainnya. Tempatnya masih bersih, suasananya menenangkan dengan suara deburan ombak. Terdapat kuliner seafood segar yang langsung disajikan dari tangkapan nelayan. Untuk pengunjung yang lelah menyusuri pantai dapat menyewa ATV seharga Rp 30,000.

  1. Pantai Goa Cemara.


Kredit: Okezone Travel

        Seperti namanya, pantai satu ini mempunyai fitur unik yaitu pohon cemara yang memenuhi area pantainya, pengunjung dapat merasakan sejuk berteduh dibawah pohon cemara udang.  Disini pengunjung juga dapat berkuda atau menyewa ATV untuk pengalaman yang seru menyusuri pantai, berkemah dan menikmati berbagai macam kuliner khas pantai ini.

  1. Pantai Cemara Sewu.


    Kredit: Garasi Jogja

Tak berbeda dengan pantai Goa Cemara, pantai Cemara Sewu juga dipenuhi pohon cemara udang yang membuatnya terasa lebih adem. Pantai ini memiliki gardu yang tidak terlalu tinggi  untuk melihat pemandangan laut, selain itu ada juga ayunan yang bisa dipakai untuk bersantai.

  1. Pantai Samas.



Pantai Samas yang berlokasi berdekatan dengan kebun bunga matahari ini akan memberikanmu hiburan yang sepaket! Setelah berfoto di hamparan kebun bunga matahari yang asri, kamu dapat menikmati pantai Samas sekaligus sungai yaitu sungai Opak yang letaknya berdekatan dengan laut lepas, terpisah oleh pasir. Di SUngai Opak ini kamu bisa menemukan jembatan di tengah yang bisa dieksplor atau jadi tempat berfoto yang estetik.

  1. Pantai Parangkusumo


    Kredit: Blog Reservasi

Pantai yang dikenal sangat sakral ini menjadi konon menjadi tempat pertemuan antara Senopati dan Ratu Kidul, jika memasuki wilayah pantai ini akan tercium aroma harum bunga dan kemenyan. Pantai Parangkusumo ini juga terkenal dengan Gumuk Pasir yaitu padang pasir yang sangat luas menyerupai gurun pasir di Timur Tengah.

  1. Pantai Depok


    Kredit: mytrip123.com

Perbedaan dari pantai ini dengan pantai yang lain adalah banyaknya perahu nelayan yang bersandar di tepi pantai untuk berlabuh. Tak hanya itu, Pantai Depok juga menjadi tempat pusat Kegiatan Wisata Olahraga Dirgantara, atau Aerosport Center di Jogja. Selain itu Pantai Depok mempunyai landasan pacu yang cukup luas yang kerap dijadikan lokasi terjun payung dan terbang layang. Lokasi ini sering dijadikan tempat berlatih atlet luar negeri.

  1. Pantai Barchan


    Kredit: Brillio.net

Untuk kamu yang mencari suasana yang lebih tenang, Pantai Barchan yang masih sepi pengunjung ini akan cocok untuk kamu. Pantai ini menawarkan pemandangan yang eksotis, selain pasirnya yang halus dan lembut, seperti Pantai Goa Cemara dan Pantai Cemara Sewu, Pantai Barchan memiliki hamparan pohon cemara udang yang membuatnya terasa teduh. Di sisi barat beberapa pohon cemara udang yang sudah mengering dan menyisakan ranting-ranting coklat yang membuat pemandangan Pantai Barchan makin eksotis.

  1. Pantai Pandansari


    Kredit: Pantainesia

Pantai Pandansari memiliki mercusuar yang menjadi daya tariknya, mercusuar Kalajivamasti, yang sudah berdiri sejak tahun 1997. Pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai lewat mercusuar Kalajivamasti dengan membayar Rp 5,000. Pantai Pandansari adalah salah satu pantai yang memiliki pantai cemara seperti Pantai Barchan, Pantai Goa Cemara dan Pantai Cemara Sewu.

  1. Pantai Baros


    Kredit: Pantainesia

Pantai satu ini berbeda dengan pantai lainnya karena dipenuhi oleh hutan bakau yang rimbun. Selain itu pengunjung juga dapat berkemah di pantai ini mengelilingi sungai dekat pantai dengan perahu dan menikmati kuliner di sekitar pantai ini.

  1. Pantai Kuwaru


    Kredit: KSMTour.com

Pantai terakhir di list ini terletak di timur Pantai Parangtritis, Pantai Kuwaru terkenal untuk sunset di sore hari, bahkan menjadi tempat terbaik di Jogja untuk pemandangan sunset. Seperti pantai lainnya, Pantai Kuwaru mempunyai berbagai fitur seperti penyewaan ATV, kuliner setempat, dan juga pohon cemara udang yang menghiasi sepanjang pemandangan pantai.