• travel
  • ·
  • 06 Sep 2021

10 Wisata Gratis yang Instagramable di Jogja


Sudah tidak bisa diragukan lagi wisata Jogja yang bermacam-macam dan mengundang wisatawan untuk datang lagi dan lagi. Mulai dari kuliner, belanja, wisata belajar, wisata alam, taman hiburan, pantai, Jogja tidak ada habisnya menghibur pengunjung. Karena Jogja juga dikenal sebagai kota yang serba murah, pengunjung tak perlu merogoh kocek terlalu dalam jika berwisata ke Jogja, sambil berwisata tidak lupa juga mengabadikan pengalaman traveling dan membagikannya di media sosial di tempat-tempat yang estetik. Berikut destinasi wisata gratis yang instagramable di Jogja:

  1. Bukit Klangon.

Menikmati pemandangan dengan hamparan awan. Beberapa bukit di Jogja banyak yang bisa dikunjungi untuk menikmati hamparan kapas putih tersebut. Salah satu spot terbaik untuk pemandangan ini bisa didapatkan di Bukit Klangon.  Di destinasi wisata gratis ini kami dapat berfoto keren dengan latar belakang Gunung Merapi. Bukit Klangon Berada di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Jaraknya kurang lebih 30 km dari pusat Jogja.


  1. Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri Merupakan Tempat Wisata Gratis di Jogja. Embung atau kolam yang didalamnya terdapat beberapa bebek air mainan.  Selain itu, di tempat wisata gratis di Jogja ini mempunyai berbagai permainan untuk anak-anak seperti jungkat-jungkit, ayunan, bianglala dan berbagai wahana permainan lainnya. Tidak hanya pemandangan dan permainannya yang menarik, tempat ini juga sangat sejuk. Tempat ini cocok untuk pengunjung yang membawa keluarga, dengan berjalan santai di area dan melakukan berbagai aktivitas seru.

  1. Bukit Pengilon

Wisata ini berlokasi di Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Dulunya Wisata gratis di Jogja ini merupakan bagian dari Gunung Api Purba Batur. Kini bukit Pengilon menjadi lokasi rekreasi untuk menikmati hijaunya bukit serta cantiknya jajaran pantai selatan dari ketinggian. Keindahan bukit Pengilon adalah salah satu pemandangan terbaik yang bisa bikin susah pulang.

  1. Pantai Timang

Tak kalah dengan pantai lain di Jogja, pantai Timang juga wajib dimasukan ke dalam destinasi liburan. Pantai ini sedikit berbeda dengan pantai lainnya karena di pantai yang bisa dikunjungi secara gratis ini pengunjung dapat menaiki gondola tradisional yang digunakan nelayan setempat untuk menyebrangi tebing karang. Dengan air samudera Hindia dibawahnya, pengalaman ini dapat memacu adrenalin.

  1. Air Terjun Tlogo Muncar

Tempat wisata gratis di Jogja ini berada di daerah Kaliurang tepatnya di Jalan Tlogo Putri, Hargobinangun, Pakem, Sleman. Sumber air terjun ini berasal dari lereng bukit Plawangan, Gunung Merapi. Kawasan di sekitar Air Terjun Tlogo Muncar ini masih relatif sangat bersih dengan udara yang sejuk.

  1. Alun-Alun Kidul

Wisata Jogja selanjutnya adalah Alun-Alun Kidul, Tempat ini merupakan halaman belakang Keraton Jogja. Di wisata gratis ini terdapat pohon beringin kembar yang legendaris. Biasanya pengunjung penasaran mencoba tradisi masangin, melewati kedua pohon raksasa itu dengan mata tertutup. Disini adalah pusat kegiatan warga Jogja di hari libur. Semakin malam semakin ramai pengunjungnya. Terdapat tempat makan lesehan ataupun kendaraan becak dan odong-odong yang bisa dinaiki, menambah keramaian tempat ini. Masuk ke kawasan alun-alun kidul ini tidak dipungut biaya sepeserpun.

  1. Malioboro

Tempat yang paling legendaris dan terkenal di Jogja ini menjadi salah satu tempat yang dapat dikunjungi secara gratis. Sepanjang jalan yang ramai pengunjung dapat menemukan berbagai jenis oleh-oleh, karya seniman lokal dan jajanan yang enak. Terdapat bangku-bangku panjang untuk bersantai, lampu jalan dan spot foto yang bagus. Menikmati suasana di Malioboro tidak dipungut biaya sepeserpun.

  1. Tugu Jogja

Tidak perlu memungut biaya, Tugu Jogja menjadi salah satu spot berwisata gratis dimana pengunjung dapat berfoto-foto. Suasana malam di spot ini cukup asyik dengan beberapa pilihan kafe dan angkringan yang tersebar di sejumlah titik. Pengunjung harus berhati-hati d Tugu Jogja dan tidak mengganggu pengguna jalan di sekitaran Tugu Jogja.

  1. Pantai Nglambor

Disini adalah pantai khusus wisata snorkeling. Disini pengunjung dapat berenang bersama ikan beraneka warna. Kalau sedang beruntung bahkan dapat bertemu dengan kura-kura laut berukuran besar. Ombak di pantai Nglambor relatif kecil jadi pengunjung dapat bersantai saja menikmati air biru nan jernih.

  1. Hutan Mangrove Kulon Progo

Wisata Jogja yang satu ini berupa kawasan mangrove atau hutan bakau di desa Pasir Mendit Temon. Menyadari besar potensi wisata mangrove, warga setempat sepakat mengelola tempat ini dengan menambahkan banyak spot keren untuk foto. Mangrove Kulon progo Berada di Muara Sungai Bogowonto dan bisa ditempuh dari Jogja dengan perjalanan kurang lebih 2 jam.