• travel
  • ·
  • 09 Sep 2021

10 Wisata Paling Hits di Merapi



Wisata Merapi bisa jadi salah satu pilihan destinasi liburan di Jogja. Merapi merupakan salah satu gunung api yang paling aktif di Indonesia. Di sekitarnya ada beberapa destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, diantaranya museum, taman rekreasi, hingga panorama pegunungan yang sejuk, WIsata Merapi tersebar di daerah Cangkringan, Kaliurang, Pakem dan beberapa daerah di Sleman. 

  1. Merapi Park.

Berlokasi di jalan Kaliurang KM 23, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman. Wisata Merapi ini menghadirkan 12 landmark dunia seperti menara eiffel, Menara Pisa, Big Ben, Kincir angin Belanda dan lainnya. Harga tiket masuk termasuk murah, hanya dengan Rp 20,000 dan Rp 22,000.

  1. Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi merupakan salah satu wisata merapi yang menawarkan petualangan menyusuri area sekitar GUnung Merapi. Biasanya paket Lava Tour mempunyai itinerary berkeliling area bekas letusan Merapi  lengkap dengan jeep dan pemandu.

  1. Museum Gunung Merapi

Museum satu ini wajib dikunjungi untuk pengunjung yang ingin mengetahui lebih banyak tentang pengetahuan geologi Gunung Merapi. Disini terdapat miniatur gunung merapi yang menampilkan miniatur gunung berapi yang sedang mengeluarkan asap. Tak cuma miniatur nya, pengunjung dapat menyaksikan keindahan Gunung Merapi dari Museum ini.

  1. Museum Ullen Sentalu

Salah satu museum paling hits di Jogja, museum ini terletak di Pakem, Sleman. Museum Ullen Sentalu menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram beserta koleksi batik.

  1. Bunker Kaliadem

Kaliadem merupakan salah satu wilayah lereng selatan Gunung Merapi yang menjadi salah satu destinasi wisata Merapi yang populer. Lokasi ini dulunya sebuah bunker yang menjadi perlindungan dari luncuran awan panas Gunung Merapi. Kini Bunker Kaliadem dijadikan tempat wisata merapi yang banyak dikunjungi wisatawan.

  1. Goa Jepang Kaliurang

Di daerah Kaliurang, terdapat dua gua yang dulunya digunakan tentara jepang sebagai tempat tinggal dan berlindung dari tentara sekutu. Lokasinya berada di kaki gunung membuat wisata Merapi ini terasa sejuk dan alami. Uniknya terdapat sekawanan monyet yang berkeliaran di sekitar gua.

  1. Makam Mbah Maridjan

Mbah Maridjan merupakan sosok juru kunci Merapi yang sangat terkenal. Ia meninggal saat letusan merapi pada tahun 2010 lalu, ia dimakamkan di Bendesari, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman. Meskipun hanya makam biasa, namun hingga kini banyak wisatawan yang berkunjung kesana untuk berziarah, selain itu pengunjung juga banyak yang ingin mengetahui kisah Mbah Marijan selama menjadi guru kunci Merapi.

  1. Desa Wisata Ledok Sambi

Ledok Sambi termasuk kawasan pedesaan yang sejuk dan menarik untuk dikunjungi. Daya tarik wisata Merapi ini ada pada pemandangan sawah hijau terhampar luas dengan udara yang sejuk dan suasana yang tenang. Disini pengunjung dapat melakukan aktivitas outbond, belajar kesenian, mengikuti aktivitas keseharian warga dan lain-lain. Lokasinya berada di Jalan Kaliurang KM. 19.

  1. Tlogo Putri

Tlogo Putri adalah embung atau kolam yang sejuk, disini terdapat bebek air mainan yang bisa dikendarai menyusuri kolam, dan di area ini juga terdapat permainan anak-anak seperti jungkat-jungkit, ayunan, bianglala dan berbagai wahana permainan lainnya.

  1. Bukit Klangon

Bukit Klangon yang berada di desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. Wisata Merapi ini banyak dikunjungi wisatawan terutama anak muda. Disini banyak spot foto yang bisa diabadikan untuk memori dengan latar belakang gunung Merapi yang sangat dekat.