• travel
  • ·
  • 25 Jun 2022

3 Terminal di Jogja Jika Berkunjung Memakai Bus

Jogja adalah salah satu kota yang banyak dijadikan destinasi wisata oleh masyarakat Indonesia. Berbagai macam sarana transportasi memudahkan pengunjung untuk sampai ke Jogja, termasuk dengan mengendarai bus.

Bus menjadi sarana transportasi darat yang terjangkau namun tetap nyaman. Jika Anda pergi ke Jogja dengan menggunakan bus, Anda akan diturunkan di terminal yang tersebar di seluruh penjuru provinsi Yogyakarta.

Agar traveling semakin nyaman dan Anda dekat dengan tempat tujuan wisata, Anda harus tahu di terminal mana sebaiknya Anda turun. Ini dia empat terminal besar di Jogja yang menjadi tempat pemberhentian bus.


Terminal Giwangan

Foto oleh @masbowojalanlagi 


  • Alamat: Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55163.

Terminal Giwangan adalah terminal terbesar di Yogyakarta. Hampir semua bus besar atau bus jarak jauh pasti akan berhenti di terminal ini. Ada 5 jenis bus angkutan yang dilayani oleh terminal ini yaitu bus antar kota antar propinsi (AKAP), bus antar kota dalam propinsi (AKDP), bus perkotaan, bus pedesaan, dan bus Trans Jogja.

Lokasi Terminal Giwangan tidak jauh dari Bandara Internasional Adisutjipto. Buat Anda yang suka backpackeran, Anda bisa memulai perjalanan Anda dari terminal ini. 

Terminal Jombor 

Foto oleh @dhian_hardjodisastro

  • Alamat: Jl. Ring Road Utara, Jombor Lor, Trihanggo, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55291.

Berikutnya ada Terminal Jombor yang merupakan terminal tipe B, atau terminal yang berada setingkat di bawah Terminal Jombor. Terminal ini berada di sisi barat Jogja dan menjadi pemberhentian bus yang keluar masuk Yogyakarta.

Meskipun bertipe B, terminal ini melayani 5 tipe rute bus seperti Terminal Giwangan yaitu AKAP, AKDP, bus perkotaan, bus pedesaan, dan bus Trans Jogja. Namun bedanya, terminal ini cukup jauh dari bandara utama Yogyakarta.

Namun kelebihan Terminal Jombor adalah lokasinya yang tergolong dekat dengan Malioboro. Jadi, jika Anda datang dari arah barat Jogja dan Malioboro menjadi tujuan utama liburan Anda, sebaiknya Anda turun di terminal ini.

Dari Terminal Jombor, Anda tinggal melanjutkan perjalanan ke Malioboro dengan Trans Jogja.

Terminal Condong Catur

Foto oleh @oky_cicho

  • Alamat: Gejayan, Condongcatur, Depok, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55281.

Terminal Condong Catur sering disebut dengan nama Terminal Concat. Dibandingkan dengan Terminal Giwangan dan Jombor, terminal ini memang lebih kecil. Rute bus yang dilayani pun lebih sedikit, yaitu hanya transportasi bus pedesaan dan bus Trans Jogja saja. Ini artinya bus antar propinsi tidak ada yang berhenti di terminal ini.

Terminal ini terletak di daerah Condongcatur, Kecamatan Depok, Yogyakarta. Lokasi terminal ini ada di sisi utara Yogyakarta.

Tips Liburan ke Jogja Dengan Bus

Siapa bilang pergi ke Jogja dengan naik bus itu tidak asyik? Melewati perjalanan darat tanpa harus mengemudi sendiri membuat Anda lebih bisa menikmati pemandangan sekitar lho. Selain itu, rute yang dilewati bus biasanya berbeda dengan rute yang dilewati oleh kereta api. 

Namun jika Anda datang dari tempat yang cukup jauh, ada baiknya Anda memilih perjalanan bus di malam hari. Agar perjalanan semakin nyaman, pilih bus jenis PATAS yang punya fasilitas memadai seperti kamar mandi di dalam bus. 

Setelah sampai di Jogja, pilih Trans Jogja sebagai transportasi utama untuk berpindah dari satu tempat wisata ke tempat berikutnya. Jangan lupa cek dulu apakah destinasi yang akan Anda kunjungi termasuk ke dalam rute Trans Jogja atau tidak.