• culinary
  • ·
  • 15 Dec 2022

4 Wedang Ronce Enak di Jogja, Nikmat Disantap Malam Hari

Wedang ronce atau wedang ronde merupakan salah satu menu minuman khas Nusantara yang cocok dikonsumsi saat malam hari. Kuah ronde yang terbuat dari jahe sangat bermanfaat untuk menghangatkan badan. 


Baca juga : 5 Rekomendasi Gudeg Malam di Jogja yang Dijamin Enak 


Berdasarkan namanya, wedang merupakan kata serapan dari bahasa Jawa yang berarti minuman yang disajikan saat panas. Lalu kemudian ronde adalah adonan bulat-bulat yang terbuat dari tepung ketan dan dimasak dengan cara direbus. 


Menurut sejarahnya, wedang ronde berasal dari legenda dayang kerajaan bernama Yuanxiao yang sangat merindukan kedua orang tuanya. Namun, seorang menteri yang mengetahui hal tersebut berjanji akan membantunya. Lalu Yuanxiao membuat masakan terbaiknya sebagai persembahan kepada dewa pada tanggal 15 bulan 1 pada penanggalan Imlek. Sejak saat itu kemudian olahan ronde atau tang yuan jadi sajian yang selalu disediakan saat Imlek. 


Seiring berjalannya waktu keberadaan ronde semakin meluas di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Serupa dengan negara asalnya, olahan wedang ronde di Indonesia juga diisi dengan kacang manis tumbuk dan disajikan dengan air jahe. Namun, terdapat sedikit variasi yang ditambahkan dalam minuman wedang ronde ala Indonesia, yakni tambahan gula kelapa, taburan kacang tanah goreng (tanpa kulit), potongan roti, kolang kaling, dan lain sebagainya. 


Olahan wedang ronde di Indonesia memiliki keunikan tersendiri di berbagai daerah. Nah, jika anda sedang berkunjung ke Yogyakarta tentu dapat mencoba berbagai warung wedang ronde Jogja yang patut Anda coba, berikut daftarnya:


  1. Wedang Ronde Lek Dhie 

foto oleh @sylviana.murni

 

Rekomendasi destinasi wedang ronde Jogja yang pertama adalah Wedang Ronde Lek Dhie. Wedang ronde ini jadi salah satu favorit wedang ronde Jogja di kalangan wisatawan. Selain karena tempatnya yang enak dan nyaman untuk nongkrong, wedang ronde ini terkenal dengan aromanya yang merekah dan lezat. Jika tertarik, anda bisa menuju lokasi Wedang Ronde Lek Dhie yang berada di depan Ameera Boutique Hotel. Tepatnya, di Jalan Dagen No. 7-12, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta. 


  1. Wedang Ronde Wasis 

foto oleh @ronde_wasis.tmg

 

Rekomendasi warung wedang ronde Jogja selanjutnya yang patut anda coba adalah wedang ronde Wasis. Wedang ronde Jogja satu ini asli adalah wedang ronde khas Temanggung. Berbeda dengan sajian wedang ronde pada umumnya, wedang ronde wasis menambahkan beberapa topping berbeda. Selain mochi dan kacang tanah, di dalam ronde wasis terdapat kolang-kaling dan emping. Tidak perlu jauh-jauh ke Temanggung, Anda dapat menemukan ronde wasis di Jalan Affandi (Gejayan), Sleman, Yogyakarta tepatnya di sebelah selatan bebek goreng H Slamet.


  1. Wedang Ronde Pak Seno

Destinasi warung ronde Jogja selanjutnya yang patut anda coba adalah Wedang Ronde Pak Seno. Aroma dari kuah jahe yang menyeruak siap memanjakan tubuh anda dengan kehangatan. Selain itu, warung ronde Jogja ini juga dibuat dengan dekorasi tradisional, sehingga para pengunjung akan terasa lebih betah dan nyaman. Alamat Wedang Ronde Pak Seno berada di Jalan Sidorejo, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. 


  1. Wedang ronde Mbah Payem 

foto oleh @jogja 

 

Rekomendasi kedai Ronde yang paling populer di kalangan wisatawan adalah Wedang Ronde Mbah Payem. Wedang ronde Jogja satu ini sudah banyak direkomendasikan oleh food blogger Jogja. Bagaimana tidak, selain karen citarasa yang khas wedang ronde ini dikenal tidak menggunakan bahan pengawet. Resep yang digunakan juga masih dipertahankan sejak puluhan tahun. 


Saking terkenalnya salah satu ikon di Indonesia, presiden Soeharto pernah mencicipi rasa dari wedang ronde Jogja ini. Lokasi kedai Ronde Mbah Payem berada di Jalan Kauman, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta. 


Demikian adalah 4 rekomendasi kedai wedang ronde Jogja yang patut Anda coba. Bagaimana anda tertarik untuk mencicipinya?