• travel
  • ·
  • 13 Dec 2022

5 Air Terjun di Jogja yang Tak Boleh Dilewatkan

Daerah Istimewa Yogyakarta tidak pernah kehabisan cara memanjakan setiap wisatawan yang berdatangan. Yogyakarta banyak menyuguhkan berbagai destinasi wisatawan mulai dari wisata kuliner, wisata kekinian, dan juga wisata alam. 


Baca juga: Pinus Pengger Jogja: Daya Tarik, Tiket Masuk, dan Info Lainnya 


Dari banyaknya rekomendasi, wisata alam menjadi pilihan yang paling banyak disorot para wisatawan. Melihat pemandangan alam tentu dapat menyegarkan mata guna melepas penat dari kesibukan kota. 


Salah satu wisata alam yang bisa Anda coba adalah melihat air terjun Jogja. Tidak hanya menikmati pemandangannya saja, manfaat relaksasi di bawah air terjun tentu dapat mendatangkan banyak khasiat. Derasnya air yang menerpa tubuh sangat bermanfaat untuk menenangkan pikiran, memperlancar peredaran darah, meregangkan otot, membakar lemak, hingga kecantikan kulit wajah dan rambut. 


Terdapat banyak rekomendasi destinasi air terjun Jogja yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Berikut adalah daftar 5 air terjun Jogja:


  1. Air Terjun Luweng Sampang 

foto oleh @airterjunluweng  


 

Rekomendasi wisata air terjun Jogja yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah Air Terjun Luweng. Berlokasi di kawasan Gunung Kidul, air terjun ini dihiasi dengan bebatuan cadas berwarna putih yang terlihat kontras dengan warna air. Pola garis-garis akibat erosi pada batuan menjadi salah satu daya tarik tersendiri. 


Air terjun Jogja ini sangat pas dikunjungi saat musim penghujan. Anda dapat dengan jelas melihat derasnya aliran air yang diapit dua bebatuan cadas. Jika tertarik, Anda dapat menuju lokasinya yang berada di Jalan Juminahan, Sampang, Gedangsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. 


  1. Air Terjun Sri Gethuk 

foto oleh @djati.ak 



Masih berada di kawasan Gunung Kidul, destinasi wisata air terjun Jogja yang patut Anda coba adalah Air Terjun Sri Gethuk. Salah satu rekomendasi air terjun Jogja ini memberikan pemandangan alam asri lengkap dengan kucuran derasnya air terjun. Selain menikmati pemandangan air terjun, Anda juga dapat berkunjung ke Goa Rancang Kencana yang berada di satu kawasan. 


Untuk menuju ke lokasi air terjun, Anda dapat menggunakan fasilitas rakit yang telah disediakan pengelola. Tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas flying fox dan body rafting. Tidak hanya memanjakan mata, fasilitas yang disediakan seakan menjadi paket lengkap kunjungan wisata alam Anda. 


  1. Air Terjun Tlogo Muncar 

foto oleh @farkha_cahya 



Destinasi air terjun Jogja selanjutnya yang paling populer di kalangan wisatawan adalah Air Terjun Tlogo Muncar. Air terjun Jogja ini berlokasi di Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Obyek wisata alam ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan bahkan sebelum Anda tiba di dekat air terjun. 


Sebelum menjumpai air terjun, Anda akan menaiki tangga batu yang dikelilingi hutan dengan pepohonan rindang. Kawasan hutan yang masih asri menjadi habitat dari para monyet ekor panjang.Salah satu satwa asli penghuni Taman Nasional Gunung Merapi. 


  1. Air Terjun Kedung Pedut 

foto oleh @setyobudiu



Tempat wisata air terjun Jogja selanjutnya terletak di Kulon Progo, tepatnya di Jalan Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Air Terjun Kedung Pedut menyuguhkan pemandangan pepohonan asri dan hijau. Sejuknya air yang bersumber langsung dari mata air, sangat memanjakan tubuh dan kulit.


Selain berenang di air terjun, wisata alam Air Terjun Kedung Pedut juga menawarkan berbagai kegiatan memacu adrenalin, yakni flying fox sepanjang 40 meter. Anda juga dapat mencoba berbagai spot foto menarik, seperti helikopter di tepi kolam pemandian dan hammock.  


  1. Air Terjun Lepo

foto oleh @ayodolan 



Terakhir, rekomendasi air terjun Jogja yang patut Anda kunjungi adalah Air Terjun Lepo di Bantul. Lokasi air terjun Jogja ini berada di Dusun Pokoh, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Air terjun Jogja yang terletak di kaki bukit ini memiliki udara yang sejuk. Ditambah lagi dengan pemandangan alam indah untuk menyegarkan mata. 


Sebagai catatan, kolam pertama yang masih asri cukup dalam, sehingga Anda perlu menyewa ban demi keselamatan. Jika Anda membawa anak-anak, Anda bisa membawa mereka ke kolam kedua yang tidak terlalu dalam. 


Demikian adalah rekomendasi destinasi air terjun Jogja yang populer di kalangan wisatawan. Bagaimana Anda tertarik untuk berkunjung?