• culinary
  • ·
  • 19 Jul 2022

5 Cafe di Jogja Terbaik dan Hits, Banyak yang Murah Lho!

Cafe saat ini sudah menjamur dimana-mana bahkan sampai ke pelosok kota pasti dapat dengan mudah kita temukan cafe kedai kopi. Fungsi cafe saat ini tidak hanya digunakan untuk hangout saja, melainkan digunakan juga untuk mengerjakan tugas sekolah atau pekerjaan hingga tempat untuk hunting foto.


Kehadiran cafe sudah hadir di beberapa wilayah di Indonesia termasuk di Jogja. Sebagai kota wisata, Jogja sudah terkenal menjadi salah satu kota yang terkenal dengan tempat nongkrong atau cafe yang sangat beragam dan mudah ditemukan. 


Baca juga: 7 Tempat Makan Outdoor di Jogja yang Nyaman Suasananya 


Anda dapat dengan mudah menemukan cafe di Jogja yang menawarkan kopi dengan harganya yang murah hingga mahal, pemandangan atau dekorasi yang bagus untuk berfoto, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, beberapa cafe juga terlihat minimalis dan modern sehingga dapat menambah kenyamanan untuk pengunjung. 


Berikut adalah 5 rekomendasi cafe di Jogja terbaik, hits, dan pasti ramah di kantong. 


  1. Loko Coffee Shop Malioboro

Foto oleh @chills_afz



Bagi Anda para pecinta kopi, wajib mampir ke Loko Coffee Shop Malioboro atau biasa disebut Loko Cafe. Kedai kopi dekat malioboro ini selalu ramai terutama saat weekend.


Cafe ini menjual berbagai menu makanan tradisional yang murah mulai dari Rp10.000-an saja. Semua menu makanan akan berganti setiap pagi dan sore hari. Selain kopi, menu minuman yang ditawarkan juga beragam, seperti aneka jus, teh, milkshake, yoghurt dan lain-lain.


Loko Cafe buka 24 jam, berlokasi di Jl. Ps. Kembang, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta.


  1. Kebon Ndalem Coffee and Eatery


Foto oleh @kebonndalem.yk



Cafe di Jogja yang satu ini selalu jadi cafe hits yang tak pernah sepi pengunjung. Tidak hanya tempatnya yang nyaman, pada lantai ke tiga kedai ini menghadirkan suasana pemandangan kota dari balkon Kebon Ndalem Coffee and Eatery. Posisi balkon yang lurus menghadap Tugu Pal Putih (Tugu Jogja) menarik untuk jadi spot untuk berfoto. 


Kebon Ndalem Coffee and Eatery memiliki beragam snack, makanan, dan minuman nusantara yang dibanderol mulai dari Rp10.000 saja.


Kedai ini buka dari jam 10:00- 00:00 WIB, Lokasi dekat Tugu Jogja, Jl.Pangeran Diponegoro No.2, Gowongan, Jetis, Yogyakarta. 




  1. Cafe Brick Jogja

Foto oleh @cafebrickjogja



Bukan hanya sekadar tempat nongkrong, Cafe Brick Jogja sudah menjadi tempat andalan para wisatawan yang tidak boleh terlewatkan. Di sana terdapat banyak spot foto hits dengan latar belakang suasana kota jaman dulu lengkap dengan properti mobil dan motor antik. 


Menu Cafe Brick Jogja menawarkan berbagai beverage, main course (western dan indo), dessert, dan juga aneka makanan tradisional. Menu minuman tersedia aneka kopi, teh, jus, smoothies, milkshake, dan lain-lain. Semua menu yang ditawarkan dibanderol dengan harga murah yakni mulai dari Rp18.000 saja. 


Cafe ini buka setiap hari 24 jam dan berlokasi di Jl. Damai No.8, Tambakan, Sinduharjo, Kec. Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. 

  1. Chingu Cafe

Foto oleh @vikeap24



Anda salah satu pecinta korea? Chingu Cafe bisa jadi rekomendasi cafe selanjutnya yang harus Anda kunjungi. Chingu cafe Jogja memiliki banyak spot instagramable yang mirip dengan suasana kota Korea. Seperti halnya pertokoan di Dongdaemun Street, kolam kecil seperti di Sungai Cheonggyecheon, hingga bangunan yang mirip dengan kedai khas Bukchon Hanok Village. Chingu Cafe juga menyewakan baju tradisional Hanbok untuk pria dan wanita dengan harga Rp30.000 saja. 


Bukan hanya desain tempatnya yang hits dan menarik, cafe ala Korea ini juga menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman korea yang pastinya cocok untuk pada K-Lovers. Mulai dari kimchi, jajangmyeon, tteokbokki, kimchi, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp18.000-Rp36.000. 


Chingu Cafe Jogja buka dari jam 10:00-22:00 WIB. Lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Jogja, tepatnya berada di Jalan Pandega Karya No.18, Manggung, Sleman. 


  1. Kalluna Jogja

Foto oleh @kalluna_id



Kalluna Jogja bisa menjadi rekomendasi cafe yang cocok untuk Anda berfoto OOTD.  Desain eksterior dan interior di Kalluna  juga Jogja sangat instagrammable karena didominasi dengan warna serba putih dan earthtone, yang dilengkapi kaca estetik di setiap sudutnya. Beragam pernik bertema bohemian dan hippie juga turut menghiasi cafe.


Untuk makanan dan minuman yang disediakan sangat beragam, mulai dari pasta, pizza, steak, nachos, hingga nasi goreng. Di sana juga tersedia berbagai minuman dan dessert manis. Salah satu  menu andalan yang harus Anda coba ketika berkunjung adalah klepon cake yang disajikan dengan es krim. 


Kalluna Jogja buka setiap hari mulai jam 10:00-23:00 WIB. Lokasinya dekat dengan Perpustakaan kota Jogja, di Jalan Sajiono No.13, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta. 



Itu dia beberapa pilihan cafe hits di Jogja yang pastinya dekat dengan pusat kota, murah meriah, dan buka hingga 24 jam. Rugi rasanya jika ke Jogja, namun belum menjajal berbagai cafe unik dan menarik ini bersama dengan teman maupun keluarga. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?