• culinary
  • ·
  • 15 Dec 2022

5 Gudeg Manggar yang Lezat di Yogyakarta, Wajib Coba!

Rasanya belum sah jika sedang berkunjung ke Yogyakarta tapi tidak mencicipi salah satu sajian khasnya, yakni Gudeg. Banyak orang tentu mengetahui gudeg terbuat dari nangka muda atau dalam bahasa jawa biasa disebut gori. 


Baca juga : 6 Gudeg Mercon di Jogja yang Enak dan Pedasnya Nendang 


Namun, ada salah satu olahan gudeg yang patut Anda coba selain dari olahan nangka muda. Jika sedang  berkunjung ke Yogyakarta Anda patut mencoba gudeg manggar. 


Gudeg manggar merupakan olahan varian gudeg yang terbuat dari bunga kelapa atau manggar. Dulunya, manggar digunakan sebagai bahan utama pengganti jika harga buah nangka muda sedang melonjak naik. Keberadaan manggar yang mudah ditemukan dan memiliki harga yang lebih murah menjadikan bahan pangan satu ini jadi alternatif andalan. Namun, seiring berjalannya waktu kini keberadaannya semakin langka. 


Meski demikian, masih banyak wisatawan yang mencari kuliner legendaris satu ini. Terdapat beberapa rekomendasi warung gudeg manggar di sudut kota Yogyakarta. Berikut adalah daftar warung gudeg manggar yang paling banyak dikunjungi wisatawan:


  1. Gudeg Manggar Manding 

foto oleh @gembulfoodie 

 

Gudeg manggar yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah Gudeg Manggar Manding. Berlokasi di Jalan Wonosari Km 8 Jalan Parangtritis Km 11,5, Yogyakarta, warung gudeg manggar satu ini tidak pernah sepi pembeli. Menu andalan mereka adalah nasi ramesan gudeg manggar, yang isinya adalah nasi, krecek, tahu bacem, telur, brongkos, sambal tempe dan manggar. Harga satu porsi Gudeg Manggar Manding yang sekitar Rp30.000 saja. 


  1. Gudeg Manggar Yu Sri 

foto oleh @gudeg.yusri 


Rekomendasi gudeg manggar selanjutnya adalah Gudeg Manggar Yu Sri. Tempat makan ini sangat cocok bagi Anda yang senang berburu kuliner malam hari. Gudeg Manggar Yu Sri buka setiap hari Senin-Sabtu, hingga dini hari pukul 01.00 WIB. Alamat Gudeg Manggar Yu Sri berada di Jalan Letjen S Parman No 99, Patangpuluhan, Wirobrajan, Yogyakarta. 


Cita rasa dari Gudeg Manggar Yu Sri lebih terasa gurih dan tidak terlalu manis. Paket satu porsi manggar bisa dikombinasi dengan ayam kampung suwir dan krecek pedas. Ditambah lagi dengan kulit ayam dan telur bacem yang menggugah selera. Harga satu porsi Gudeg Manggar Yu Sri hanya dijual sekitar Rp15.000 saja. 


  1. Gudeg Manggar Bu Jumilan 

foto oleh @gudegmanggar_bujumilan 

 

Gudeg manggar yang dapat Anda coba selanjutnya adalah Gudeg Manggar Bu Jumilan. Sudah berdiri sejak tahun 1992, tentu citarasa gudegnya tidak perlu diragukan lagi. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, yakni mulai dari harga Rp8.000 sampai Rp17.000 per porsi. Alamat warung ini berada di Jalan SrAndakan Km 8, Mangiran, Bantul, Yogyakarta. 

 

  1. Gudeg Manggar Bu Tjondro 

foto oleh @jogjafood 

 

Gudeg manggar yang dapat Anda coba selanjutnya adalah warung Gudeg Manggar Bu Tjondro. Berada di Jalan Bantul, No 31, Gedongkiwo, Mantrijeron, Yogyakarta warung ini banyak direkomendasikan para wisatawan. Tidak perlu khawatir, warung ini akan buka sampai jam dini hari, cocok bagi Anda yang ingin berkuliner saat malam hari. 


  1. Gudeg Bu Yayuk Kadipiro 

foto oleh @gudegmanggar_buyayuk  


Rekomendasi gudeg manggar yang terakhir wajib Anda kunjungi adalah Gudeg Manggar Bu Yayuk. Warung gudeg manggar ini menyediakan menu pilihan seperti telur bebek dan ayam kampung. Anda juga dapat mencoba sajian brongkos daging, mangut lele asap, dan gudeg kering yang menggoyang lidah. Jika Anda ingin membawanya sebagai oleh-oleh Anda dapat memilih tiga pilihan wadah yang disediakan, yakni berupa bungkusan biasa, kendil, ataupun besek. 


Lokasi warung gudeg manggar bu yayuk berada di Bromonilan RT 8, RW 3, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Warung ini hanya buka sampai pukul 17.00 WIB saja. 


Demikian adalah 5 rekomendasi gudeg manggar Yogyakarta yang semakin langka. Bagaimana Anda tertarik untuk mencobanya?