• travel
  • ·
  • 19 Jun 2022

5 Museum dan Galeri Seni di Jogja untuk Menikmati Estetika

Museum dan galeri seni merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak digemari oleh masyarakat. Selain bisa melihat indahnya karya seni, lukisan, dan barang-barang bersejarah lainnya, datang ke museum atau galeri seni juga dapat menambah wawasan Anda lho.


Jika Anda tinggal di Yogyakarta atau sedang berlibur di sana, sempatkan diri Anda untuk datang mengunjungi museum dan galeri seni Jogja yang sudah kami susun daftarnya berikut ini.


1. Taman Budaya Yogyakarta

Foto oleh: @tamanbudayayogya 


Anda dapat melihat kegiatan seniman dan berbagai aktivitas lainnya seperti perhelatan festival kesenian yang rutin digelar setiap tahun di Taman Budaya Yogyakarta (TBY).


Pada awalnya, TBY dibangun sebagai sarana dan prasarana untuk membina, memelihara, dan mengembangkan kebudayaan Yogyakarta. Kini TBY sudah mengalami perubahan menjadi salah satu laboratorium seni di Indonesia.


Di sini Anda bisa mengenal lebih dalam tentang dunia seni rupa, dunia media rekam, dunia seni pertunjukan, program-program pendidikan, serta penerbitan profil seniman budayawan, antologi sastra, dan kritik seni rupa.


Jam buka: Senin - Jumat pukul 07.30 - 16.00

Alamat: Jl. Sriwedani No.1, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122 


Baca juga: Liburan yang Tak Biasa, Kunjungi 5 Desa Wisata Yogyakarta Ini 


2. Jogja National Museum

Foto oleh: @jogjanationalmuseum 



Biasanya terdapat banyak barang bersejarah di museum, tapi beda halnya dengan Jogja National Museum (JNM) yang lebih banyak memamerkan karya-karya seni. Pameran karya seni di JNM juga tidak terbatas pada lukisan dan pahatan saha, tapi instalasi seni kontemporer juga ada.


Museum seni Jogja yang satu ini selalu rutin menjadi tempat dilaksanakannya berbagai pameran seni berkelas internasional, seperti Biennale Jogja dan masih banyak lagi.


Jam buka: Senin - Sabtu pukul 09.00 - 16.30

Alamat: Jl. Prof. DR. Ki Amri Yahya No.1, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55167


3. Bentara Budaya Yogyakarta

Foto oleh: @namaku.karim



Galeri seni Jogja yang berikutnya adalah Bentara Budaya Yogyakarta (BBY). Pada awalnya, tempat ini merupakan bekas toko buku yang kemudian dialihfungsikan menjadi galeri seni oleh lembaga kebudayaan milik kelompok Kompas Gramedia.


Di BBY biasanya digunakan sebagai tempat pameran fotografi hingga lukisan. Nah, salah satu agenda tetap yang ada di sini adalah Jazz Mben Senen yang diadakan setiap Senin malam. Jadi, bagi Anda penggemar musik Jazz jangan sampai ketinggalan acaranya, ya.


Jam buka: Setiap hari pukul 09.00 - 21.00

Alamat: Jl. Suroto No.2, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224


4. Jogja Gallery

Foto oleh: @jogja_gallery


Jogja Gallery adalah sebuah galeri seni visual di Yogyakarta yang didirikan sejak tahun 2006. 


Lokasi Jogja Gallery sangat strategis dan mudah diakses, sehingga kerap dijadikan sebagai tempat menyelenggarakan pameran lukisan, karya seni rupa, pemutaran film, dan acara budaya lainnya.


Jam buka: Selasa - Minggu pukul 09.00 - 21.00

Alamat: JL. Pekapalan No.7, Prawirodirjan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55121 


5. Cemeti Art House

Foto oleh: @agrasatria 



Sejak tahun 1988, Rumah Seni Cemeti sudah aktif memamerkan dan mengkomunikasikan karya dari seniman-seniman kontemporer, baik dari Indonesia maupun dari mancanegara.


Setidaknya paling sedikit ada 11 proyek pameran yang diselenggarakan di Cemeti Art House setiap tahunnya. Pameran ini bisa berupa pameran tunggal, pameran kelompok, seni pertunjukkan, diskusi, presentasi, serta perbincangan antar seniman.


Jam buka: Selasa - Sabtu pukul 10.00 - 17.00

Alamat: Jl. DI Panjaitan No.41, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143


Dari daftar galeri seni Jogja yang kami sampaikan di atas, mana saja galeri seni yang ingin Anda kunjungi? 


Nah, mumpung sedang di Jogja jangan lupa beli Bakpia Tugu Jogja sebagai oleh-oleh untuk teman atau keluarga tersayang. Bakpia Tugu Jogja tersedia dalam varian Original dan Brownies dengan isian coklat, keju, kacang hijau, dan stroberi. Anda bisa beli langsung di Bakpia Tugu Jogja atau pesan di toko online, ya.