• culinary
  • ·
  • 19 May 2022

5 Tempat Makan Sahur Andalan di Yogyakarta

Salah satu daya tarik Yogyakarta (Jogja) adalah wisata kuliner malam harinya. Ada begitu banyak tempat makan yang buka sampai dini hari dan tidak pernah sepi pengunjung. 

Inilah mengapa Anda bisa dengan mudah menemukan tempat makan sahur di Jogja selama bulan suci Ramadan.

Berikut rekomendasi tempat makan sahur andalan di Jogja yang bisa menjadi pilihanmu.

Soto Sampah


Foto oleh @sotosampahjogja_

Link: https://www.instagram.com/p/CI3SFdIhO2l/?utm_source=ig_web_copy_link 


Nikmati soto sampah yang melegenda di Jogja sebagai menu sahur Anda. Nama 'sampah' sendiri berasal dari julukan pembelinya, karena soto ini menggunakan gajih sapi yang membuat visualnya terkesan berantakan. Meski namanya 'sampah', tapi soto ini punya rasa yang juara dan punya banyak penggemar.

Dalam seporsi soto berisi gajih sapi, tauge, kol, bihun, dan siraman kuah soto yang nendang di mulut. Anda juga bisa memesan menu pendamping seperti ceker, kepala ayam, gorengan, perkedel, sate usus, sate ati ampela, hingga sosis solo.

Sego Koyor Bu Parman

Foto oleh @jogjabikinlaper

Link: https://www.instagram.com/p/BudwyvBn7oq/?utm_source=ig_web_copy_link 


Tempat sahur di Jogja yang berikutnya adalah Sego Koyor Bu Parman. Masakan unik ini termasuk ke dalam jajaran kuliner legendaris dan sudah ada sejak tahun 1968.

Sego Koyor Bu Parman menggunakan bumbu khas, tapi masakan mereka tidak semanis masakan khas Jogja pada umumnya.

Bagi Anda yang belum pernah mencicipi Sego Koyor, menu masakan ini terbuat dari urat sapi yang umumnya dimakan bersama nasi putih. Kenikmatannya akan semakin terasa dengan tambahan sambal pedas yang membakar lidah.

Sego Macan UGM

Foto oleh @mama_kulineran

Link: https://www.instagram.com/p/CCXwI6Uj3Zn/?utm_source=ig_web_copy_link 


Jangan kaget dulu setelah mendengar 'macan' di Sego Macan UGM. Ini bukan makanan untuk macan kok, melainkan makanan olahan seperti nasi kucing dalam porsi yang lebih banyak. Soal rasa tidak perlu diragukan lagi, karena rasa Sego Macan lebih kaya dibanding nasi kucing.

Sego Macan disajikan dengan cara dibungkus daun pisang yang dibakar, membuat aroma nasi ini makin menggiurkan. Aroma wanginya juga berasal dari daun kemangi yang terdapat di dalam bungkusan. Dalam seporsi Sego Macam sudah disajikan bersama lauk pendamping, seperti bihun, oseng-oseng jagung, dan sambal teri.

Supaya perut Anda tetap hangat sebelum waktu imsak, Anda bisa memesan minuman hangat seperti kopi, air jahe, dan susu.

Gudeg Mbak Sasha

Foto oleh @jeanniamelia

Link: https://www.instagram.com/p/B6zkQu0F2Y7/?utm_source=ig_web_copy_link 


Siapa yang tidak tahu gudeg? Gudeg adalah salah satu makanan khas Jogja yang sangat populer dan banyak digemari. Masakan gurih dan manis ini cocok sekali jika disantap saat sahur. Salah satu tempat makan gudeg yang buka sampai dini hari adalah Gudeg Mbak Sasha.

Rasa Gudeg Mbak Sasha cenderung gurih. Perpaduan antara areh kental dan sambal krecek pedas merupakan kombinasi yang mantap. Apalagi gudengnya disajikan di atas piring bambu yang dilapisi daun pisang bikin aroma khas daun pisang semakin semerbak saat bertemu nasi panas. 

Kelezatan racikan gudeg yang satu ini sudah terbukti dengan banyaknya penggemar dan tempat makan yang tidak pernah sepi pembeli.

Angkringan Pak Jabrik

Foto oleh @angkringanjabrik.id 

Link: https://www.instagram.com/p/B9g6KHon4EQ/?utm_source=ig_web_copy_link 


Rekomendasi tempat sahur berikutnya adalah Angkringan Pak Jabrik yang termasuk dalam daftar angkringan favorit di Jogja. Banyak pula yang menyebut angkringan ini dengan nama Angkringan KR, karena lokasinya berada di depan Kantor Harian Kedaulatan Rakyat.

Terdapat berbagai pilihan makanan yang tersedia, seperti nasi kucing, nasi uduk, nasi mercon kikil, oseng seri, oseng usus, suwir ayam, dan sambal tongkol. Untuk menu sate-satean ada sate usus ayam, sosis, sempol, sampai sate keong.

Supaya menu sahur makin lengkap, jangan lupa pesan Bakpia Kukus Tugu Jogja. Makanan ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Jogja selain bakpia pathok dan tidak kalah populer. Bakpia Kukus Tugu Jogja sendiri bisa disimpan selama tujuh hari di dalam kulkas, sehingga bisa jadi stok makanan saat sahur dan buka puasa. Yuk, pesan sekarang!