• 3
  • ·
  • 09 Aug 2022

5 Tempat WIsata yang Menarik di Lereng Gunung Merapi

Dari seluruh gunung yang ada di Indonesia, Gunung Merapi merupakan salah satu gunung api paling aktif hingga kini. Meski demikian, pesona pemandangan Gunung Merapi tidak pernah gagal memukau di mata para wisatawan. Gunung Merapi berlokasi di dekat pusat kota Yogyakarta, tepatnya sekitar kawasan Magelang, Sleman, Klaten, dan Boyolali. 


Baca juga: Indahnya Pantai Drini Di Gunung Kidul Jogja: Lokasi dan Info Lainnya 


Sejak terdampak erupsi pada tahun 2010, masyarakat sekitar mencoba bangkit kembali dengan membuka beberapa aktivitas wisata yang tidak boleh Anda lewatkan. 


Berikut adalah tempat wisata yang menarik di Gunung Merapi: 


  1. Kali Kuning 

foto oleh@exploreyogyajateng 




Bukit Kali Kuning merupakan destinasi pertama yang paling banyak dikunjungi para wisatawan saat bertandang ke daerah Gunung Merapi, Yogyakarta. pemandangan alam yang lurus menghadap gunung merapi menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Lokasi ini sangat cocok digunakan kegiatan alam seperti berkemah, samping, ataupun outbound training. 





  1. Stonehenge

foto oleh @canro.simarmata 




Spot wisata Stonehenge sangat terkenal dengan spot fotonya yang unik dan instagramable. Jejeran batu ini merupakan hasil pahatan dari erupsi merapi dari Indonesia karena terinspirasi dari Stonehenge di Inggris. 


Stonehenge berlokasi Trutan, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Buka dari pukul 07.00-18.00 WIB. 


  1. Kaliadem

foto oleh @klg_adventure_



Bunker Kaliadem merupakan sebuah saksi peninggalan penjajahan BelAnda untuk berlindung dari letusan Gunung Merapi. Disini Anda dapat mencoba berbagai arena lereng gunung yang cocok untuk mengendarai Jeep dan motor traill. 


Alamat Bunker Kaliadem di dusun Kinahrejo, Kelurahan Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya dekat dengan petilasan Rumah Mbah maridjan, dan The Lost World Castle. Harga tiket masuk adalah Rp 6.000 per orang. Harga tersebut belum termasuk sewa jeep merapi dan sewa motor trail. 


Jika berminat berkunjung, disarankan Anda bisa datang di pagi hari disaat gunung merapi tampak terlihat jelas dan gagah. 


  1. Museum Ullen Sentalu 

foto oleh @exploreyogyakateng 





Tempat wisata Gunung Merapi lainnya adalah Museum Ullen Sentalu. Tempat wisata ini menyimpan berbagai macam barang peninggalan Kerajaan Mataram Jawa. Lokasinya yang berada di lereng gunung Merapi membuat tempat ini terasa sejuk dengan suhu sekitar 15 sampai 25 derajat celcius. 


Suasana pepohonan rindang dan hijau menambah sejuk suasana di sini. Berbeda dengan museum pada umumnya, Anda tidak diizinkan untuk mengambil foto koleksinya. Anda cukup mengabadikan fotonya pada saat di pintu masuk. 


Sebelum masuk, Anda harus memilih jenis tiketnya, sesuai dengan kategori usia dan paket wisata. wisatawan dewasa sebesar Rp 40.00, dan usia anak-anak seharga Rp 15.000. Tiket tur Adiluhung Mataram seharga Rp 50.000 dan Tiket Tur Vorstenlanden Rp 100.000. 


Museum Ullen Sentalu terletak di Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Buka setiap hari Selasa-Minggu, mulai pukul 08.30 hingga pukul 16.00 WIB. Khusus weekend, Museum Ullen Sentalu buka dari pukul 08.30 sampai 17.00 WIB. 





  1. The World Castle 

foto oleh @hnrtourtravel 



The World Castle  merupakan destinasi wisata hiburan yang menawarkan konsep unik, yakni berlibur di dunia yang hilang. Disana, Anda dapat menemukan replika tempat wisata menarik di seluruh dunia, seperti replika colosseum di Roma, perahu bajak laut, taman sakura, dan masih banyak lagi. Hal itulah yang kini menjadi daya tarik wisata ini untuk berfoto ria. 


Sebelum masuk, Anda dapat membayar tiket masuk seharga Rp 30.000 per orang. The Lost World Castle berlokasi di Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Buka dari pukul 07.00-18.00 WIB. 


Itudia adalah 5 rekomendasi tempat wisata sekitar Gunung Merapi yang harus Anda kunjungi. Bagaimana Anda tertarik untuk mencobanya?