• culinary
  • ·
  • 12 Jun 2022

6 Gudeg Mercon di Jogja yang Enak dan Pedasnya Nendang

Bicara soal kuliner khas Jogja pasti tidak lengkap kalau tidak menyebut gudeg. Gudeg khas Jogja dikenal punya rasa manis dan gurih. Tapi beberapa warung di Jogja menyajikan gudeg dengan citarasa berbeda, yaitu super pedas. Belakangan gudeg super pedas tersebut dikenal dengan sebutan gudeg mercon.

Nah, penasaran gudeg mercon mana saja yang punya rasa pedas nendang di Jogja? Simak rekomendasinya berikut ya!


Gudeg Permata Bu Narti

Foto oleh @jogjafoodhunter 

  • Jam buka: 20.00-01.00 WIB.

  • Alamat: Jl. Gajah Mada No.2, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55111.

Berburu gudeg mercon enak di Jogja tentu tidak boleh melewatkan Gudeg Permata Bu Narti. Gudeg di warung yang satu ini punya rasa khas yang manis dan gurih, berpadu dengan sayur krecek pedas yang bikin Anda ketagihan. Gudeg yang hanya buka di malam hari ini biasanya penuh sesak oleh pelanggan.


Gudeg Mercon Bu Tinah

Foto oleh @gendut_kulineran 

  • Jam buka: 21.00-01.00 WIB.

  • Alamat: Jl. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233. 

Gudeg Mercon Bu Tinah yang melegenda ini sudah adasejak tahun 1992. Rasanya yang sangat pedas membuat gudeg ini dijuluki gudeg mercon. Sama seperti gudeg pada umumnya, gudeg ala Bu Tinah berisi nasi, gudeg nangka, areh, sayur tempe dan krecek.

Yang membuatnya berbeda adalah rasa sayur krecek yang sangat pedas. Anda akan langsung merasakan sensasinya sejak suapan pertama!


Gudeg Sagan

Foto oleh @jogjacarimakan 

  • Jam buka: 08.00-21.00 WIB.

  • Alamat: Jl. Prof. Dr Jl. Prof. Herman Yohanes No.53, Samirono, Caturtunggal, Depok, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55223.

Dibandingkan dengan gudeg legendaris lainnya, Gudeg Sagan tergolong baru karena baru dibuka tahun 2003. Selain rasanya yang pedas, ciri khas dari gudeg ini adalah diolah tanpa menggunakan MSG. Lauk pendamping yang membuat gudeg makin lezat adalah pindang rebus, sambal krecek, sayur tempe, serta bebek dan ayam kampung.


Gudeg Mercon Mbak Yuni

Foto oleh @turisndesoindonesia 

  • Jam buka: 6.30-00.00 WIB.

  • Alamat: Jl. Pangeran Diponegoro No.100, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55231.

Gudeg mercon lezat berikutnya adalah Gudeg Mercon Mbak Yuni. Gudeg yang buka di sore hari sampai tengah malam ini menyajikan makanan khas Jogja ini dengan rasa pedas yang tidak biasa. Seporsi gudeg bisa dinikmati dengan lauk tambahan seperti tahu dan tempe bacem, sayur krecek pedas, daging ayam, dan telur rebus.


Gudeg Wijilan Yu Djum

Foto oleh @iknowhowtoeat 

  • Jam buka: 06.00-22.00 WIB.

  • Alamat: Jl. Wijilan No.167, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131.

Kalau cari gudeg enak di Jogja, jalan Wijilan pusatnya. Salah satu penjual gudeg mercon enak di Jalan Wijilan Jogja adalah Yu Djum. Bumbu gudeg manis disajikan dengan kuah yang super pedas, menghasilkan rasa yang menggugah selera. Tidak hanya bisa menyantapnya di tempat, Anda juga bisa membawa gudeg ini sebagai oleh-oleh lho!


Gudeg Bromo Bu Tekluk

Foto oleh @vickyyuwono 

  • Jam buka: 23.00-05.00 WIB.

  • Alamat: Jl. Affandi No.2-A, Santren, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. 

Buat Anda penyuka gudeg basah yang pedas, wajib banget mampir ke Gudeg Bromo Bu Tekluk. Keunikan gudeg di sini adalah krecek yang digunakan buka krecek sapi, tapi krecek kerbau. Ini menjadikan sayur kreceknya tidak mudah hancur dan tetap kenyal di mulut ketika dimakan.

Gudeg Bromo Bu Tekluk buka mulai tengah malam hingga Subuh, cocok banget nih buat Anda yang suka berburu kuliner di malam hari.