• lifestyle
  • ·
  • 28 Jun 2022

7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung agar Umur Panjang

Jantung adalah organ yang paling vital bagi tubuh karena bertugas untuk menjaga keberlangsungan hidup seseorang. Oleh karena itu, kesehatan jantung harus dijaga dengan baik.

Menjaga kesehatan jantung sebenarnya bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana dan menerapkan gaya hidup sehat. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung agar Anda berumur panjang.

Baca juga: Gaya Hidup Sedentari - Apa dan Gimana Mengubah Kebiasaannya

  1. Olahraga rutin

Olahraga memang cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung. Setiap harinya, luangkan waktu selama 20 hingga 30 menit untuk berolahraga. Tidak perlu berolahraga berat, cukup dengan berjalan kaki atau berenang saja sudah bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung lho!

  1. Hindari merokok

Merokok tidak baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan jantung. Zat beracun yang ada dalam rokok bisa menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah jantung. Hal ini bisa menyebabkan terganggunya aliran darah di jantung, sehingga menyebabkan penyerapan nutrisi dan oksigen jadi kurang maksimal.

Bukan hanya perokok aktif saja yang bisa terkena dampak kesehatan buruk akibat rokok. Perokok pasif juga berisiko terkena penyakit yang sama.

  1. Jaga tekanan darah dan gula darah tetap stabil

Tekanan darah yang tinggi juga bisa membahayakan jantung lho! Jika tekanan darah terlalu tinggi, maka berisiko menyebabkan pembuluh darah pecah, termasuk pada organ-organ penting dalam tubuh seperti otak dan jantung. Agar tekanan darah tetap stabil. Batasi asupan garam, kurangi minuman beralkohol dan mulai olahraga rutin.

Selain tekanan darah, kadar gula juga harus dijaga agar tetap stabil. Kadar gula darah yang tinggi meningkatkan risiko penyakiy jantung dan diabetes. Tingginya kadar gula darah juga dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah jantung dan saraf yang mengendalikan jantung.

Cek gula darah secara rutin, terutama jika Anda memiliki riwayat keturunan diabetes.

  1. Kurangi konsumsi lemak jenuh

Cara menjaga kesehatan jantung berikutnya adalah dengan mengurangi konsumsi lemak trans dan lemak jenuh. Kedua jenis lemak jahat tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah yang akhirnya menyumbat pembuluh darah pada jantung.

Makanan yang banyak mengandung lemak jenuh antara lain adalah daging merah, gorengan, kulit ayam, margarin, susu tinggi lemak, dan masih banyak lagi.

  1. Perbanyak konsumsi serat

Makanan yang mengandung serat seperti sayur, buah, sereal, gandum, dan kacang-kacangan juga bisa membuat jantung lebih sehat. Serat mampu menurunkan LDL atau kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Kebutuhan serat tubuh orang dewasa adalah 30 gram sehari. Konsumsi serat sebaiknya dilakukan secara bertahap agar tidak menyebabkan perut kembung.

  1. Konsumsi asam lemak omega-3

Cara menjaga kesehatan jantung lainnya adalah dengan mencukupi asupan asam lemak omega-3. Asam lemak jenis ini biasanya banyak ditemukan dalam ikan. Anda bisa mengonsumsi berbagai macam jenis ikan seperti ikan sarden, salmon, tuna, atau ikan kembung.

Konsumsi ikan 2 kali seminggu secara teratur untuk mencukupi kebutuhan nutrisi asam lemak omega-3 dalam tubuh.

  1. Cukup istirahat

Jika tubuh mendapatkan istirahat yang cukup, maka risiko terkena penyakit juga makin kecil. Untuk orang dewasa, tidur selama 7-8 jam setiap hari bisa menjaga jantung tetap sehat. Selain itu, tidur yang cukup juga dapat mencegah tekanan darah tinggi, obesitas, dan diabetes.

Cara menjaga kesehatan jantung bisa dimulai dengan aktivitas yang sederhana setiap harinya. Kuncinya ada pada pola hidup yang sehat dan teratur. Selain itu, sebaiknya hindari stress dan lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.