• experience
  • ·
  • 19 May 2022

7 Rekomendasi Board Game untuk Mengisi Liburan di Rumah

Board Game adalah jenis permainan papan yang biasa dimainkan oleh 2 hingga 5 orang atau lebih. 

Permainan ini populer dimainkan di kalangan anak-anak dan juga orang dewasa. Bermain board game bisa menjadi salah satu cara untuk menghabiskan waktu libur di rumah yang seru dan menyenangkan.

Manfaat Bermain Board Game

Tahukah Anda jika board game memiliki banyak manfaat, terutama bagi anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan seperti berikut ini:

Bisa mengasah kemampuan bersosialisasi

Karena board game dimainkan oleh beberapa orang, hal ini akan mendorong kemampuan anak untuk bisa bersosialisasi dengan sesama pemain. Hal ini akan memancing terjadinya interaksi satu sama lain yang membuat permainan ini menjadi semakin menyenangkan.

Mengasah kecerdasan emosional

Manfaat selanjutnya dari board game adalah bisa mengasah kecerdasan emosional anak dengan peraturan kalah dan menang di dalam permainan. Hal ini akan mengajarkan anak bagaimana mereka bisa bereaksi saat mendapatkan hasil dari permainan tersebut.

Tempat belajar strategi

Board game juga bisa menjadi media untuk menyusun strategi dan taktik agar anak-anak bisa lebih teliti dalam menentukan pilihannya. Board game adalah permainan strategi yang dikemas dalam berbagai cerita dan juga peraturan yang membuat permainan ini semakin seru dan menyenangkan untuk dimainkan.

Rekomendasi Board Game

Lalu, apa saja permainan board game yang cocok untuk mengisi waktu liburan di rumah? Berikut ini adalah 7 rekomendasi board game yang bisa Anda coba!

  1. Laga Jakarta

Foto oleh Blibli


Board game yang satu ini adalah salah satu karya anak Indonesia yang memiliki cara bermain yang hampir mirip dengan permainan tradisional “Congklak”. 

Dalam permainan ini tersirat makna mengenai kerasnya kehidupan orang-orang yang berada di Jakarta. 

Selain itu, permainan ini juga dikenal dengan ilustrasinya yang lucu dan menarik, sehingga membuat permainan menjadi semakin seru.

  1. Ticket to Ride

Foto oleh Days of Wonder


Board game selanjutnya adalah Ticket to Ride yang sudah cukup populer di Amerika. 

Cara memainkan Ticket to Ride adalah dengan melakukan klaim rute kereta api dengan gerbong dan warna yang sama. 

Jenis permainan yang satu ini juga memiliki berbagai versi yang saat ini sudah beredar di pasaran, selain itu board game Ticket to Ride ini juga dikenal bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyelesaikan permainannya. 

  1. Jaws: The Board Game

Foto oleh Board Game Geek


Jaws: The Board Game adalah permainan yang diadaptasi dari film Jaws. 

Cara bermainnya sendiri adalah bagi pemain yang mendapatkan peran sebagai manusia, harus menghindari dari pemain-pemain yang berperan sebagai hiu ganas. Jika pemain manusia berhasil lolos, maka ia akan menjadi pemenang dalam permainan ini.

  1. Werewolf

Foto oleh Bezier Games


Pasti Anda sudah tidak asing dengan board game yang satu ini? Werewolf adalah board game yang bisa dimainkan dengan skala besar, hingga 70 orang. 

Tujuan dari permainan ini adalah untuk menemukan pemain yang mendapatkan peran werewolf yang akan menyamar selama permainan berlangsung.

  1. Pandemic

Foto oleh Z-Man Games


Pandemic adalah board game yang bertujuan untuk menyusun strategi terbaik agar bisa menghentikan pandemi yang terjadi di seluruh dunia dengan bekerja sama dengan pemain lainnya. 

Dalam permainan ini dibutuhkan kemampuan untuk menyusun strategi dan juga menganalisis kondisi dari masalah yang didapatkan oleh masing-masing pemain.

  1. Splendor

Foto oleh Space Cowboys


Rekomendasi board game selanjutnya adalah Splendor. Permainan yang satu ini bertujuan untuk mencari tahu cara mengumpulkan sebanyak-banyaknya permata sebagai pemimpin serikat dagang. 

Board game yang satu ini cocok untuk menghabiskan waktu liburan Anda bersama keluarga di rumah karena bisa dimainkan oleh 3 hingga 5 orang.

  1. The Game of Life

Foto oleh Hasbro Gaming


Siapa yang tidak tahu tentang board game The Game of Life yang terkenal ini? Permainan ini cocok dimainkan oleh anak-anak karena berisi tentang bagaimana kehidupan yang akan mereka jalani saat kelak sudah dewasa. 

Permainan ini akan mengajarkan tentang betapa pentingnya mengambil setiap langkah ketika sudah menginjak usia dewasa.




Demikian adalah 7 rekomendasi board game yang bisa Anda coba bersama keluarga untuk menghabiskan waktu liburan di rumah! Selamat mencoba!