• travel
  • ·
  • 19 May 2022

7 Tempat Ngabuburit Favorit di Yogyakarta

Ngabuburit atau menunggu saat berbuka puasa adalah kegiatan favorit masyarakat di bulan Ramadhan. Momen ini biasanya dihabiskan bersama dengan orang-orang tercinta. 

Nah, ngabuburit akan terasa lebih lengkap jika Anda mengunjungi tempat dengan pemandangan indah sambil berfoto ria, termasuk di kota Yogyakarta.

Ini dia deretan tempat yang asyik untuk menunggu buka puasa sambil berfoto.


Jalan Malioboro

Foto oleh @iyan.chyna 


Destinasi ngabuburit pertama di Yogyakarta tentu saja adalah Jalan Malioboro. Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, baik warga lokal maupun wisatawan mancanegara. Selain spot foto yang estetik dan menarik di sepanjang jalan, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba.

Misalnya berburu oleh-oleh, pakaian, atau menikmati hiburan yang ada di sana. Tapi jika Anda ingin berbuka puasa di Malioboro, sebaiknya datang lebih awal agar kebagian tempat!


Lembah UGM

Foto oleh @jogja.istimewa 

Berada di lokasi yang cukup strategis dan dekat dengan masjid, tidak heran kawasan Lembah UGM selalu menjadi tempat ngabuburit yang dituju banyak orang. Anda yang suka fotografi bisa mengabadikan momen yang hanya terjadi setahun sekali ini.

Aneka pedagang kaki lima berjajar menjajakan banyak takjil untuk berbuka puasa. Jangan salah, makanan yang ditawarkan sangat bervariasi lho! Mulai dari kimbap khas Korea, sosis bakar ala Jerman, hingga minuman khas lokal seperti es tebu.


Pasar Sore Kampung Kauman

Foto oleh @n.adit.h 

Kampung Kauman adalah tempat bersejarah dalam perkembangan agama Islam di Yogyakarta. Di kawasan ini terdapat Masjid Gedhe Kauman yang dikenal punya arsitektur menakjubkan. Anda bisa menghabiskan waktu menjelang Maghrib sambil mengabadikan keindahan tempat tersebut.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi Pasar Sore yang hanya ada selama bulan Ramadhan saja. Pasar ini terletak di sepanjang gang kecil, namun tidak mengurangi antusiasme masyarakat untuk berburu takjil khas Yogyakarta di sana.


Alun Alun Kidul

Foto oleh @teropongjogja 

Membahas tempat ngabuburit di Yogya tentu tidak boleh melewatkan Alun Alun Kidul. Landmark yang sudah tersohor ini merupakan salah satu tempat favorit untuk menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa.

Lapangan yang luas dan asri dengan pepohonan yang rindang membuat banyak orang merasa nyaman saat berada di tempat ini. Mau dengan pacar, sahabat, atau keluarga, dijamin sama asyiknya!

Ngabuburit Anda makin seru dengan banyaknya pedagang yang ada di sana. Anda bisa memilih beragam takjil khas Ramadhan untuk disantap saat adzan Maghrib berkumandang.


Candi Ratu Baka

Foto oleh @jogjaseni 

Bagi masyarakat Yogya, Candi Ratu Baka adalah spot menunggu buka puasa sambil menyaksikan pemadangan matahari terbenam yang indah. Pas banget nih buat Anda yang suka hunting foto.

Lokasi Candi Ratu Baka sendiri tidak jauh dari kompleks Candi Prambanan. Di sore hari, masyarakat yang didominasi oleh anak muda mulai memadati tempat yang satu ini.


Bukit Bintang

Foto oleh @infopendaki_id 

Kalau Anda mencari suasana romantis dan jauh dari hiruk pikuk masyarakat yang menyambut saat berbuka, Bukit Bintang bisa jadi pilihan yang tepat. Meskipun di tempat ini juga banyak pedagang, namun suasana tidak seramai di perkotaan.

Ketika malam tiba, Anda akan disuguhi pemandangan lampu-lampu yang mengagumkan. Cocok banget kan untuk dinikmati bersama pasangan?


Pasar Dadakan Jalan Kaliurang

Foto oleh @jogjainfo 

Namanya saja pasar dadakan, tentu pasar ini hanya ada selama bulan Ramadhan saja seperti Pasar Sore Kauman. Setiap sore menjelang buka puasa, pasar ini selalu ramai oleh para pemburu takjil.

Di sini Anda akan menemukan keseruan ngabuburit dengan banyak pilihan menu makanan. Harganya pun sangat terjangkau, sehingga tidak akan bikin kantong bocor!