• travel
  • ·
  • 16 Jun 2022

7 Tempat Self Healing di Jogja untuk Tenangkan Pikiran

Padatnya aktivitas harian tentu menyebabkan penat dan bahkan tertekan. Akibatnya, rasa stress pun tidak bisa dihindarkan. Agar dapat kembali semangat beraktivitas, Anda membutuhkan healing untuk menyegarkan pikiran. Salah satu cara healing yang bisa dilakukan adalah mengunjungi destinasi wisata alam untuk melihat hijaunya dedaunan dan menghirup udara segar yang bebas dari asap kendaraan perkotaan.

Jogjakarta sebagai salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia menawarkan banyak spot healing yang bisa Anda kunjungi. Yuk, simak rekomendasinya!


Pantai Ngetun

Foto oleh @pesonajogja 

  • Alamat: Sureng, Purwodadi, Tepus, Pantai, Purwodadi, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881.


Pantai Ngetun adalah tempat yang sangat pas buat Anda yang ingin healing di tempat yang sepi dan jauh dari keramaian. Pantai ini relatif kecil dan tersembunyi, sehingga tidak banyak orang yang datang ke sana. Hamparan laut biru dan dua bukit batu yang mengapit pantai ini menjadi pemandangan eksotis yang akan menenangkan pikiran.

Baca juga: Rekomendasi Kolam Renang di Yogyakarta, Sesuai untuk Melepas Penat

 

Pantai Siung

Foto oleh @indoflashlight 

  • Alamat: Duwet, Purwodadi, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.


menawarkan suasana tenang yang sangat pas untuk healing. Selain itu, di pantai ini Anda juga bisa melakukan serangkaian kegiatan untuk melepas penat seperti panjat teping hingga berkemah.Pantai yang berada di kawasan Gunung Kidul ini menawarkan sederet kegiatan yang bisa kamu lakukan di alam terbuka. Sebut saja seperti camping hingga panjat tebing. Terutama jika Anda penyuka olahraga menantang ini, Pantai Siung memiliki 250 spot panjant tebing dengan level kesulitan yang berbeda-beda.


Curug Luweng Sampang

Foto oleh @sumunara_nara 


  • Alamat: Jl. Juminahan, Kayen, Sampang, Kec. Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55863.


Nama Curug Luweng Sampang mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan wisatawan yang suka menjelajah alam. Tempat ini memiliki pemandangan menakjubkan yang disebut-sebut mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat. Di tempat eksotis ini, selain bisa menenangkan pikiran Anda juga bisa mengoleksi foto-foto yang Instagrammable.


Pantai Watu Lumbung

Foto oleh @delapratamaa 


  • Alamat: Area Hutan, Balong, Kec. Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883.


Menyegarkan pikiran memang membutuhkan tempat yang tenang. Seperti Pantai Watu Lumbung ini. Pantai ini didominasi oleh bebatuan alam yang nampak indah. Anda bisa bersantai sambil duduk-duduk di atasnya atau berenang di pantai yang ombaknya tenang ini.


Pantai Kesirat

Foto oleh @aarizkisetiawan 


  • Alamat: Karang, Girikarto, Kec. Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872.


Pantai Kesirat yang ada di daerah Bantul ini sangat cocok buat Anda yang ingin menyendiri alias me time. Salah satu keunikan pantai ini adalah pemandangan sunset atau matahari terbenam yang cantik. Pengunjung disarankan datang di sore hari untuk bisa menyaksikan langsung sunset dari pantai ini.


Pinus Pengger

Foto oleh @rifkokta 


  • Alamat: Jl. Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783.


Menyaksikan keindahan kota Jogja dari ketinggian di malam hari memang tidak pernah membosankan. Anda bisa mengunjungi Pinus Pengger di daerah Bantul untuk menikmati panorama Jogja dari atas bukit. 


Pantai Wediombo

Foto oleh @explorealamjogja 


  • Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883.


Satu lagi nih pantai di kawasan Gunung Kidul yang bisa Anda jadikan tempat untuk healing. Pantai Wediombo dihiasi dengan batu-batu karang besar dengan air laut yang berwarna biru pekat. Ombak di pantai ini juga relatif tenang sehingga aman untuk Anda berenang.