• attraction
  • ·
  • 09 Aug 2021

7 Tempat Wisata di Jogja Untuk Keluarga Kamu Setelah PPKM Usai

        PPKM Darurat yang diberlakukan sejak 3 Juli 2021 membatasi aktivitas warga Jogja maupun aktivitas wisata dari luar kota. Bahkan kawasan seperti Malioboro yang menjadi daerah paling sering dikunjungi untuk wisata di Jogja dinonaktifkan untuk mengurangi kerumunan demi mengurangi penyebaran virus Covid-19. Selain itu kabupaten Bantul yang menjadi hotspot untuk kunjungan wisata juga mengikuti peraturan dari pusat dan menutup sejumlah objek-objek wisata termasuk Desa Wisata Bantul. Dapat dipastikan hampir seluruh kegiatan wisata di daerah Jogja tutup sampai kebijakan PPKM diberhentikan.

Pasti banyak banget dari kita yang sudah tidak sabar menunggu PPKM usai untuk berwisata menyegarkan pikiran dan bawa keluarga kita berlibur di suasana yang baru, menambah keakraban dan kebersamaan dengan sejumlah kegiatan seru dan mudah diakses yang mana memang Jogja adalah salah satu kota wisata yang sangat family-friendly, tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan agar keluarga kita selalu sehat, ya!

Jogja pastinya sudah terkenal dengan ragam wisatanya, pengalaman seperti kuliner, belanja dan wahana wisata yang akan meninggalkan kesan mengagumkan di hati kita. Berikut rekomendasi tempat wisata yang wajib kamu datangi bersama keluarga kamu saat PPKM usai.


  1. Jogja Bay


Kredit: Jogja Bay


Salah satu waterpark terbesar di Asia Tenggara dengan tema bajak laut ini menjadi pilihan yang paling seru untuk liburan keluarga. Jogja Bay juga mendapat predikat waterpark ke 3 terbaik di Asia oleh Tripadvisor. Dengan luas 11 hektar dan 9 wahana air, pengunjung dijamin tidak akan bosan berlama-lama disini menikmati petualangan mulai dari wahana seperti Memo Racer, meluncur bersama 7 orang lain menguji kecepatan; Brando Boomeranggo, memacu adrenalin dengan perosotan berkecepatan tinggi memberi simulasi di ombang-ambing seperti boomerang; ataupun bersantai melalui arus yang tenang di Donte Wild River. Memilih Jogja Bay sebagai tujuan berlibur tidak akan salah karena siapa yang tidak suka main air?

  1. Gembira Loka Zoo


Kredit: Gembira Loka Zoo


    Sebagai kebun binatang tertua dan pertama di Jogja, Gembira Loka Zoo mempunyai fasilitas yang lengkap, beberapa kegiatan yang dapat dilakukan oleh pengunjung tak hanya melihat-lihat satwa, terdapat area konservasi, taman anak, beberapa jembatan di sungai Gajah Wong dan area sebesar 22 hektar yang menjadi rumah bagi sejumlah spesies binatang dari berbagai belahan dunia sebanyak kira-kira 470 hewan.

Salah satu fakta yang menarik tentang Kebun Binatang Gembira Loka adalah area konservasi yang dimiliki. Gembira Loka mempunyai misi yang mulia yaitu menjadi tempat pengembangan dan pelestarian bagi hewan dan juga tumbuhan; menyelamatkan keberadaan hewan dengan memeliharanya sesuai habitat asli dan juga mengembangbiakan kedua hewan dan tumbuhan agar menjaga keutuhan genetik dan menambah populasinya. Pusat penelitian di Gembira Loka Zoo juga berguna sebagai tempat pengunjung mengedukasi diri untuk belajar tentang hewan dan tumbuhan, jadi kedatangan lebih berarti tak hanya melihat-lihat hewan saja!

Kredit: Korina Tour

  1. Sindu Kusuma EduPark


Kredit: Sindu Kusuma Edupark

Sesuai dengan namanya, Sindu Kusuma Edupark adalah taman hiburan di Jogja yang menjadi tempat bermain dan belajar di satu tempat. Ada banyak wahana bermain di Sindu Kusuma Edupark, salah satunya bianglala Cakra Manggilingan, tingginya yang 48 meter memberikan view kota Jogja dan Gunung Merapi. 

Selain itu banyak lagi wahana seru seperti Montor Tumbur, Panggon Lunjak, Kursi Mabur, dan juga tempat hiburan tambahan seperti bioskop 8D, Taman Lampu, kendaraan unik Segway, waterpark sebagai pilihan pengunjung merasakan pengalaman main air, lalu 2 museum Omah Batik dan Omah Musik yang sayang untuk dilewatkan.

  1. Taman Pintar


Kredit: Korina Tour

Menambah satu lagi daftar tempat bermain dan belajar yang ada di Jogja, Taman Pintar  menyuguhkan taman hiburan dengan edukasi sains. Untuk orang tua yang ingin mendorong minat anak dalam ilmu pengetahuan sains, ini adalah tempat yang cocok! Seluruh wahana yang terdapat di Taman Pintar dibungkus dengan simulasi sains. Terdiri dari 10 kategori gedung berbeda seperti Zona Pengolahan Sampah tempat belajar tentang dampak sampah terhadap lingkungan dan juga pengolahan sampah organik untuk biopori dan kompos; Wahana Bahari yang memamerkan miniatur perairan dengan kapal kecil; Science Theater tempat pemutaran film sains dan demo sains; Kampung Kerajinan tempat workshop beberapa kerajinan seperti kreasi batik, gerabah dan lukis kaos; Gedung Kotak yang berfitur beberapa zona yang menginformasikan tentang teknologi, sains dan ilmu pengetahuan umum; Gedung Oval zona informasi tentang pengetahuan fisika, binatang, tata surya dan kehidupan laut; Serta perpustakaan dan playground.

  1. Taman Pelangi


Kredit: Korina Tour

Berbeda dari tempat wisata lain, Taman Pelangi hanya buka dari sore sampai malam karena tempat ini memang memamerkan rangkaian lampu warna-warni sebagai daya tariknya, ada lampu-lampu berbentuk gedung, bunga-bunga, payung gantung, dinosaurus, lumba-lumba dan banyak lainnya.  Tempat yang menghias daerah Monjali, Yogyakarta saat malam ini menjadi salah satu tempat yang instagramable untuk berfoto membagi kenangan bersama keluarga. 

Selain tempat foto, Taman Pelangi mempunyai wahana kecil seperti bola air, perahu dayung, rumah balon, trampoline, bombom cart, disini juga ada area kuliner untuk beristirahat dan juga museum Monumen Yogya Kembali yang buka lebih awal dan dapat didatangi sebelum menikmati lampu-lampu di taman pelangi.

  1. Malioboro


Kredit: Korina Tour

Sudah tidak asing bagi banyak orang kawasan Malioboro, kawasan ini sudah melekat dengan nama Daerah Istimewa Yogyakarta dan melegenda. Tempat yang menjadi tujuan dan buruan para wisatawan ini terdapat banyak tempat jajanan dan kuliner khas Jogja, menjual batik dan pakaian, kerajinan tangan, oleh-oleh dan pernak-pernik otentik Jogja yang tersedia di sepanjang jalannya. Kawasan ini tidak pernah tidur dan beroperasi selama 24 jam sehari, dengan alunan musik tradisional jawa tengah menghangatkan nuansa kawasan yang sangat terkenal ini.

  1. Museum Sonobudoyo


Kredit: Gallant Tsany A/Travelingyuk

Di kota yang lekat dengan identitas sejarah ini, pasti tujuan wisata seperti museum Sonobudoyo menjadi tujuan wajib. Dari banyaknya museum bersejarah di Jogja, museum Sonobudoyo adalah museum yang mempunyai koleksi mengenai budaya dan sejarah Jawa yang paling lengkap setelah Museum Nasional Republik Indonesia di Jakarta. Selain koleksi barang-barang peninggalan sejarah, museum yang terletak di Alun-Alun Utara di Jogja dari Keraton Yogyakarta ini mempunyai aktivitas pertunjukan Wayang Kulit yang diiringi dengan musik gamelan Jawa. 

Museum ini mempunyai beberapa kategori koleksi yaitu koleksi mata uang atau Numismatik dan Heraldika; Koleksi Filologi untuk koleksi naskah kuno dan tulisan tangan tentang suatu peristiwa dan masa; Koleksi Keramologika yaitu koleksi tanah liat bakar seperti guci; Koleksi Seni Rupa tentang artikel seni dan objek pengalaman artistik dalam bentuk 2 dimensi ataupun 3 dimensi; Koleksi Teknologi mengilustrasikan perkembangan teknologi seperti peralatan dan hasil produksi dari suatu industri; Koleksi Geologi yang menunjukan beberapa koleksi batu-batuan, mineral dan fossil; Koleksi Biologi yang terdiri dari beberapa objek penemuan biologi yaitu tengkorak atau rangka manusia, tumbuh-tumbuhan dan hewan dalam preservasi kimia/diawetkan; Koleksi Arkeologi yaitu jejak peninggalan manusia dari zaman prasejarah sampai masa kolonialisasi; Koleksi Etnografi koleksi benda-benda dari hasil munculnya budaya yang melambangkan identitas etnis; dan yang terakhir Koleksi Historika kumpulan benda-benda yang mempunyai nilai sejarah.