• lifestyle
  • ·
  • 13 Jul 2022

7 Tips dan Cara Program Hamil Agar Punya Momongan

Memiliki buah hati adalah dambaan bagi semua pasangan yang sudah menikah. Namun tidak semua orang cukup beruntung hingga cepat hamil setelah menikah. Ternyata, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kehamilan lho!

Berhubungan badan bukan satu-satunya faktor yang bisa mempercepat kehamilan. Simak tips dan langkah-langkah program hamil dalam artikel ini ya!

Baca juga: 7 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Lahir dan Batin

Stop penggunaan kontrasepsi

Bagi pasangan yang menggunakan alat kontrasepsi, maka tindakan pertama yang harus diambil adalah menghentikan penggunaan kontrasepsi agar cepat hamil. Hal ini harus dilakukan jauh-jauh hari karena tidak semua alat kontrasepsi bisa menimbulkan efek segera setelah dilepas.

Sebagai contoh, jika Anda menggunakan kontrasepsi hormonal, maka dibutuhkan waktu sekitar 9 bulan agar bisa hamil. Sebaiknya, konsultasikan mengenai hal ke dokter kandungan Anda.

Cek masa subur

Ingin tahu cara hamil sehat dan alami? Anda bisa mengecek kapan saja masa subur Anda. Berhubungan intim dengan pasangan saat masa subur memiliki potensi kehamilan yang lebih tinggi dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Ini karena saat masa subur, ovarium melepaskan sel telurnya atau yang juga biasa disebut dengan masa ovulasi. Masa subur setiap orang berbeda-beda, tergantung pada siklus menstruasi-nya. Masa subur biasanya terjadi beberapa hari setelah menstruasi selesai.

Masa ovulasi hanya terjadi satu kali setiap bulan dan berlangsung selama 72 jam saja. Oleh karena itu, pasangan yang ingin memiliki momongan dianjurkan untuk berhubungan intim ketika masa ovulasi tiba.

Rutin berhubungan badan

Satu lagi tips yang bisa dilakukan agar mendapatkan momongan, yaitu dengan berhubungan badan secara rutin. Tapi Anda juga perlu tahu saat-saat yang tepat berhubungan badan.

Misalnya dengan mengecek masa subur istri, dimana sel-sel telur dilepaskan sehingga potensi terjadinya kehamilan lebih tinggi. Selain itu, perlu diperhatikan pula waktu yang ideal untuk berhubungan badan untuk pria.

Menurut para ahli, produksi sperma tertinggi terjadi di pagi hari. Jadi bagi Anda pasangan yang sedang program hamil, tidak ada salahnya juga berhubungan badan di pagi hari.

Memperbaiki gaya hidup

Salah satu cara biar cepat hamil adalah dengan memperbaiki gaya hidup, terutama bagi kaum pria. Tujuannya adalah agar sperma yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik sehingga bisa membuahi sel telur.

Meningkatkan kualitas dan juga kuantitas sperma bisa dimulai dengan memperbaiki gaya hidup. Misalnya dengan mengurangi konsumsi alkohol. Minum minuman beralkohol secara berlebihan bisa menurunkan kadar testosteron dan jumlah sperma dengan kualitas baik. Sementara itu, sperma abnormal atau yang kualitasnya buruk justru meningkat.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah berhenti merokok dan menjaga berat badan agar tidak obesitas.

Menghindari stress

Di saat Anda sedang menjalani program hamil, pastikan sebisa mungkin untuk tidak stress. Termasuk stress karena ingin segera memiliki momongan. Kondisi stress bisa mengganggu pelepasan sel telur, yang bisa menjadi penghambat kesuksesan program hamil tersebut. Sebaiknya nikmati saja prosesnya tanpa merasa tertekan apakah akan berhasil atau tidak.

Mengatur pola makan sehat

Mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi juga sangat penting untuk menunjang program hamil lho. Pastikan Anda makan cukup sayur dan protein agar bisa meningkatkan kesuburan.

Check-up ke dokter

Jika Anda memang ingin memulai program hamil, periksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter. Hal ini sangat penting untuk memastikan dan mengecek kondisi kesehatan Anda dan pasangan agar bisa mendapatkan momongan.

Tujuan pemeriksaan ini adalah agar dokter bisa melakukan penanganan sejak dini jika ditemukan masalah yang bisa menghambat program hamil. Minta juga saran-saran dari dokter yang bisa mempercepat proses kehamilan.