• travel
  • ·
  • 15 Dec 2022

Air Terjun Luweng Sampang: Tiket Masuk, Lokasi, dan Info Lainnya

Daerah Istimewa Yogyakarta tidak pernah kehabisan cara memanjakan setiap wisatawan yang berdatangan. Yogyakarta banyak menyuguhkan berbagai destinasi wisatawan mulai dari wisata kuliner, wisata kekinian, dan juga wisata alam. Dari banyaknya rekomendasi, wisata alam menjadi pilihan yang paling banyak disorot para wisatawan. 


Baca juga : 7 Tempat Self Healing di Jogja untuk Tenangkan Pikiran 


Salah satu objek wisata alam yang bisa Anda coba adalah Air Terjun Luweng Sampang. Berlokasi di kawasan Gunung Kidul, air terjun ini tidak pernah sepi pengunjung. Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, Anda tidak perlu membayar tiket masuk Air Terjun Luweng Sampang. Anda cukup membayar biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk kendaraan jenis motor dan Rp5.000 untuk kendaraan jenis mobil. 


foto oleh @airterjunluweng 


Air Terjun Luweng Sampang buka setiap hari dan buka 24 jam penuh. Namun, Anda perlu berhati-hati jika berkunjung pada malam hari demi menjaga keselamatan diri saat berkendara. Air Terjun Luweng Sampang berada di Jalan Juminahan, Mongkrong, Sampang, Gunung Kidul, Yogyakarta. Rute menuju Air Terjun Luweng Sampang bisa melalui Wonosari atau klaten. 


Selain informasi di atas masih ada beberapa fakta menarik yang perlu Anda ketahui mengenai Air Terjun Luweng Sampang, berikut informasinya: 


Air Terjun Luweng Sampang, Grand Canyon ala Indonesia 

foto oleh @airterjunluweng  


Melihat pemandangan alam tentu dapat membawa banyak manfaat. Selain membawa ketenangan melepas penat di perkotaan, berendam pada derasnya air terjun juga berkhasiat bagi tubuh. Derasnya air yang menerpa tubuh sangat bermanfaat untuk menenangkan pikiran, memperlancar peredaran darah, meregangkan otot, membakar lemak, hingga kecantikan kulit wajah dan rambut. 


Objek wisata yang kaya manfaat inilah yang menjadikan wisata alam air terjun tidak pernah sepi peminat. Salah satu air terjun yang dapat Anda kunjungi jika sedang berlibur di Yogyakarta adalah Air Terjun Luweng Sampang. Air terjun setinggi 5 meter ini mengucur deras diantara dua tebing. 


Guratan halus yang menghiasi dinding tebing menjadikan salah satu spot terfavorit para wisatawan. Bahkan sekilas, air terjun ini terlihat seperti lembah Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat. Meskipun secara ukuran Air Terjun Luweng Sampang tidak sama megahnya. Air berwarna hijau kebiruan yang mengalir tenang di bawahnya semakin menambah keindahan pesona Air Terjun Luweng Sampang.


Sesuai dengan namanya, Luweng berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti lubang yang dalam. Jika dilihat dari atas, Air Terjun Luweng Sampang terlihat seperti memiliki lubang. Sementara itu, Sampang memiliki arti lokasi wilayah desa Air Terjun Luweng Sampang. 


Tidak jauh dari area utama, terdapat taman yang lengkap dengan gazebo menghiasi di beberapa sudut untuk beristirahat. Pepohonan yang masih asri semakin menambah suasana area taman semakin teduh dan sejuk. Anda juga dapat melihat beberapa susunan tumpukan batu yang menyanggah tebing-tebing tanah.  


Tips trekking dan rute menuju Air Terjun Luweng Sampang

foto oleh @airterjunluweng 


Karena lokasi Air Terjun Luweng Sampang yang berada di Desa Sampang, akses jalan menuju lokasi masih asri dan didominasi oleh batuan. Namun, tidak perlu khawatir, kini jalan menuju lokasi sudah tidak berupa lapisan tanah lagi. Untuk menuju ke lokasi utama, Anda dapat berjalan kaki dari area parkiran melalui jalur yang sudah ditentukan. 


Akses atau rute menuju lokasi Air Terjun Luweng Sampang bisa melalui Wonosari atau Klaten. Namun, jika Anda berkendara dari pusat kota Yogyakarta, Anda dapat melewati beberapa rute, yaitu: 

  • Jalur pertama, mengambil arah menuju Wonosari.

  • Selanjutnya menuju Patuk.

  • Lalu menuju Nglipar dan Gedangsari.

  • Kemudian masuk ke Desa Sampang hingga ke area parkir.

  • Anda dapat melanjutkan dengan berjalan kaki menuju lokasi utama Air Terjun Luweng Sampang. 


Demikian adalah rekomendasi objek wisata alam Air Terjun Luweng Sampang di Yogyakarta. Bagaimana Anda tertarik untuk berkunjung?