• culinary
  • ·
  • 19 May 2022

Berburu Menu Takjil di Yogyakarta? Kunjungi 5 Lokasi Ini!

Kegiatan ngabuburit adalah salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa agar tidak terasa lama.

Bagi Anda yang saat ini sedang berada di Jogja, banyak tempat yang bisa Anda pilih sebagai tempat ngabuburit untuk berburu menu takjil. 

Penasaran tempat mana saja yang bisa dikunjungi? Simak 5 daftar lokasi tempat berburu takjil di Jogja berikut ini!


  1. Kampung Ramadan Masjid Jogokariyan

Foto oleh @masjidjogokariyan 


Kampung Ramadan Jogokariyan (KRJ) terletak di Jalan Jogokaryan No.36, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta. 

Sepanjang persimpangan, Anda akan menemukan puluhan penjual dan juga UMKM yang menjual beraneka ragam menu takjil yang bisa Anda pilih. 

Di Masjid Jogokariyan ini, juga terkenal dengan tradisi membagikan 3.000 menu takjil gratis bagi jamaah yang datang ke masjid ini. Menu takjil yang dibagikan pun sangat beragam dan berbeda-beda setiap harinya. 


  1. Malioboro & Kampung Pecinan Ketandan

Foto oleh @ar_diansyah8193


Salah satu destinasi wajib untuk berburu menu takjil di Yogyakarta adalah sepanjang jalan Malioboro. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai pilihan kuliner khas Jogja yang berderet di sepanjang jalan. 

Selain itu, Anda juga bisa berkunjung ke Kampung Ketandan atau biasa disebut sebagai “China Town Jogja” yang masih terletak di salah satu gang di Malioboro.

Di Kampung Ketandan, Anda bisa menemukan beragam kuliner menu takjil yang enak dan memiliki harga yang terjangkau. Tak hanya kuliner, Kampung Ketandan juga bisa menjadi tempat untuk ngabuburit sebelum berbuka loh! Anda bisa berjalan-jalan mengitari perkampungan ini sembari berfoto dengan banyak bangunan yang bergaya tradisional jaman dahulu.


  1. Stadion Maguwoharjo

Foto oleh @pancongbalapstasioen

Tempat untuk berburu menu takjil selanjutnya adalah jalanan sekitar Stadion Maguwoharjo, yang biasa disebut juga dengan Jalan Paingan. 

Sepanjang Jalan Paingan ini, Anda bisa menemukan berbagai kuliner seperti Jasuke, Sosis Bakar, Croffle, dan berbagai makanan unik lainnya. Selain itu, Anda juga bisa berbelanja pernak-pernik lain seperti baju sampai ke alat-alat rumah tangga.


  1. Gor Klebengan UGM

Foto oleh @hash_motret


Ingatkah Anda dengan “Sunday Morning” yang dulu terletak di sepanjang jalan lembah UGM? 

Kini Anda bisa menemukannya kembali di depan Gor Klebengan yang tak jauh dari lokasi lamanya. Setiap sore, terdapat berbagai warung tenda yang menjual berbagai makanan dan menu takjil yang dijamin enak dengan harga yang terjangkau.

Tak perlu bingung, karena di sepanjang jalan ini Anda akan menemukan berbagai pilihan kuliner serta menu takjil mulai dari makanan Indonesia sampai makanan Korea sampai makanan khas Jepang di sini.


  1. Pasar Seni Gabusan

Foto oleh @bak.wen 


Bagi Anda yang tinggal di Bantul dan sekitarnya, pasti sudah tidak asing lagi dengan keberadaan Pasar Seni Gabusan (PSG) ini. Saat memasuki bulan puasa, pasar seni ini berubah menjadi surga menu takjil  yang menyediakan makanan, minuman, dan camilan untuk berbuka puasa. 

Pasar Seni Gabusan terletak di Jalan Parangtritis, Balong, Timbulharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul.

Selain terdapat puluhan tenda yang menjual menu takjil, di tempat ini juga cocok untuk Anda jadikan sebagai tempat untuk ngabuburit. Setiap sorenya selalu ada agenda yang diselenggarakan oleh pengelola, Anda bisa menikmati pertunjukkan-pertunjukkan yang ada sambil menunggu waktu untuk berbuka.


Jika Anda bosan dengan menu takjil yang itu-itu saja, Bakpia Tugu bisa menjadi solusi menjadi menu takjil yang mengenyangkan dan juga bercita rasa otentik. 

Anda bisa menemukan berbagai gerai Bakpia Tugu yang tersebar di setiap sudut Kota Jogja loh! Tunggu apalagi? Saatnya Anda juga membawa pulang Bakpia Tugu sebagai menu berbuka puasa di rumah! 

Demikian adalah daftar 5 tempat yang bisa Anda kunjungi saat ingin berburu menu takjil di Yogyakarta. 

Dari kelima daftar di atas, mana yang paling ingin Anda kunjungi?