• lifestyle
  • ·
  • 13 Jul 2022

Bikin Bugar, Simak 7 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Gowes atau bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang digemari oleh masyarakat dari berbagai usia. Selain untuk olahraga, bersepeda juga bisa dijadikan gaya hidup sehat lho! Kini di berbagai kota besar di Indonesia bahkan sudah disediakan jalur bersepeda khusus untuk mengakomodasi masyarakat yang gemar bersepeda.

Tentu saja banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari kegiatan ini. Apa saja? Yuk, simak bersama!

Baca juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung agar Umur Panjang


Membantu diet dan menurunkan berat badan

Apakah Anda sedang diet dan ingin melakukan olahraga menyenangkan? Bersepeda bisa jadi jawabannya! Bersepeda dapat membantu membentuk otot tubuh, membakar lemak secara efektif, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, imbangi dengan menerapkan pola makan yang sehat dan banyak minum air putih. Selain itu, memperpanjang jarak bersepeda juga membantu membakar lebih banyak kalori sehingga berat badan bisa turun lebih cepat.

Memelihara kesehatan jantung

Olahraga kardio seperti gowes sangat disarankan karena baik untuk menjaga kesehatan jantung. Bersepeda memiliki manfaat seperti mengurangi kadar lemak dalam darah dan memperkuat otot jantung, sehingga jantung jadi jauh lebih sehat. Bersepeda secara rutin juga bisa membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Memperbaiki mood

Bersepeda bisa dilakukan kapan saja, termasuk di sore hari. Aktivitas fisik ini memicu peningkatan produksi hormon dopamin yang bisa membuat Anda lebih bahagia. Emosi negatif seperti depresi, stress, hingga gangguan kecemasan dapat berkurang jika Anda bersepeda.

Bahkan manfaat bersepeda disebut-sebut lebih baik dibandingkan dengan olahraga di gym atau senam aerobik.

Mencegah penyakit diabetes

Bagi wanita maupun pria, penyakit diabetes kini tidak hanya disebabkan oleh faktor keturunan saja. Gaya hidup yang tidak sehat seperti jarang melakukan aktivitas fisik dan berolahraga juga bisa menjadi pemicunya.

Oleh karena itu, bersepeda rutin sangat disarankan untuk mengurangi risiko diabetes. Cukup dengan bersepeda selama 30 menit sehari bisa membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Memperpanjang usia

Salah satu keunikan bersepeda sebagai olahraga adalah Anda bisa menentukan intensitasnya sendiri. Mau bersepeda santai atau menjajal medan ekstrem untuk melatih otot, semua terserah Anda.

Jika Anda memilih untuk bersepeda dengan intensitas tinggi seperti di daerah pegunungan, maka manfaat yang Anda dapatkan adalah percepatan regenerasi sel-sel dalam tubuh. Aktivitas fisik yang berat dapat meningkatkan fungsi mitokondria yang akan membuat Anda terlihat lebih awet muda.

Tidak hanya itu, bersepeda atau melakukan olahraga lain secara rutin dapat menurunkan risiko kematian dini dan memperpanjang usia Anda.

Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh

Manfaat kesehatan lain dari bersepeda adalah dapat memperbaiki postur tubuh. Selama bersepeda, posisi punggung akan tegak lurus sehingga dapat mencegah bungkuk. Selain itu, otot tangan, otot kaki, dan otak yang bekerja secara bersamaan dapat meningkatkan koordinasi antara bagian-bagian tubuh Anda.

Bersepeda juga dapat melatih keseimbangan, sehingga mengurangi risiko jatuh dan patah tulang.

Menjaga kesehatan sendi

Seiring bertambahnya usia, kekuatan sendi pun semakin menurun. Akibatnya, muncul penyakit seperti nyeri sendi dan berkurangnya kekuatan tubuh bagian bawah pada orang tua. Bersepeda dapat membantu meningkatkan kondisi dan menjaga kesehatan sendi.

Ini karena bersepeda bukanlah jenis olahraga yang intensitasnya tinggi, sehingga tidak akan membebani persendian. Olahraga ini juga memiliki risiko cedera yang relatif rendah karena berat badan tidak dibebankan pada kaki. Berbeda dengan berjalan atau berlari yang memberi beban berat pada persendian kaki. Oleh karena itu, bersepeda sangat dianjurkan bagi penderita osteoarthritis.