• culinary
  • ·
  • 19 May 2022

Gudeg Pawon: Daya Tarik, Jam Buka, dan Info Lainnya

Selain menjadi kota pariwisata, Jogja juga menjadi surga dari berbagai destinasi wisata kuliner legendaris yang bisa Anda coba saat bertandang ke sini. 

Salah satu kuliner khas Jogja yang paling populer dan selalu dicari adalah Gudeg. Makanan yang satu ini terdiri dari sambal goreng krecek, sayur nangka, kuah areh, dan lauk pauk mulai dari jeroan, telur, dan ayam. 

Dari sekian banyak tempat makan gudeg yang ada di Jogja, ada satu tempat penjual gudeg legendaris yang wajib untuk Anda datangi. Tempat legendaris ini bernama Gudeg Pawon.

Gudeg Pawon sendiri sudah berdiri dari tahun 1958 yang kini sudah dikelola oleh generasi keduanya yaitu oleh Pak Wanto. 

Nama Pawon sendiri diambil dari bahasa jawa yang berarti “Dapur”, hal ini dikarenakan gudeg yang dijual dan disajikan langsung di dalam dapur tempat memasaknya. 

Penasaran dengan keunikan lain dari Gudeg Pawon? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

  1. Menikmati Gudeg Langsung di Dapur

Foto oleh @kacungkopi


Keunikan yang membedakan tempat gudeg ini dengan lainnya adalah sensasi memasuki dapur pembuatan gudeg secara langsung dan melihat bagaimana proses memasaknya. 

Ternyata, Gudeg Pawon masih menggunakan cara tradisional untuk memasak gudeg setiap harinya, yaitu menggunakan tungku kayu bakar. Saat Anda memasuki tempat ini pertama kali, akan langsung tercium asap khas yang keluar dari tungku kayu bakar di Gudeg Pawon. 

Pengalaman ini tentu akan mengingatkan kita akan rumah nenek jaman dahulu yang sangat kental dengan nuansa kayu dan juga masih sangat tradisional.

Gudeg Pawon juga terkenal dengan gudeg basahnya dan rasa gudegnya yang tidak terlalu manis. Gudeg yang satu ini juga identik dengan topping cabai rawit hijau yang selalu menjadi pelengkap setiap disajikan di piring. 

Nasi yang disajikan di sini pun tak kalah uniknya karena masih dimasak menggunakan kukusan bambu yang membuat nasi menjadi lebih pulen dan wangi.

  1. Jam Buka Terkini

Foto oleh @gendut_kulineran


Sebelum pandemi terjadi, Gudeg Pawon mulai buka pukul 21:30 WIB setiap harinya. Namun kini berubah menjadi jam 22:00 WIB setiap harinya dan tutup sampai stok gudeg sudah habis. 

Sebaiknya Anda datang ke tempat ini lebih cepat dari jam buka sehingga tidak perlu mengantri terlalu lama untuk bisa menikmati Gudeg Pawon. 

Terutama Anda yang datang bersama rombongan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu karena kapasitas tempat yang terbatas.

  1. Harga dan Lokasi

Foto oleh @jogjabikinlaper 


Gudeg Pawon terletak di Jalan janturan UH/IV No.36, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta. 

Letaknya tak jauh dari situs wisata Warungboto yang ada di pusat kota Jogja. 

Untuk harga satu porsi Gudegnya sendiri dibanderol mulai dari Rp18.000-Rp48.000. 

Harga ini akan menyesuaikan dengan lauk apa saja yang Anda makan di Gudeg Pawon.


Gudeg Pawon menjadi destinasi wisata kuliner yang wajib Anda kunjungi saat bertandang ke Yogyakarta. Selain rasanya yang enak, gudeg yang satu ini juga memberikan pengalaman yang berbeda dari tempat makan gudeg lainnya. 

Tentunya hal ini menjadi ciri khas dari Gudeg Pawon sehingga sampai saat ini selalu penuh dengan penikmat setianya. 

Demikian adalah ulasan mengenai Gudeg Pawon terbaru 2022, tertarik untuk segera mencicipi kuliner legendaris yang satu ini?