• travel
  • ·
  • 25 Jul 2022

Indahnya Pantai Drini Di Gunung Kidul Jogja: Lokasi dan Info Lainnya

Wisata pantai adalah salah satu kegiatan menarik yang selalu ditunggu-tunggu saat liburan ke Jogjakarta. Tidak heran, Jogja memang memiliki garis pantai yang cukup panjang dan menakjubkan. Menjelajah pantai di Jogjakarta juga menyenangkan karena ada banyak pantai dalam satu kawasan yang berdekatan, sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk berpindah dari satu pantai ke pantai yang lain.

Baca juga: Kangen Jogja? Inilah Beberapa Keistimewaan Jogja Yang Akan Bikin Kamu Tambah Kangen 

Salah satu pantai yang sedang populer di kalangan wisatawan adalah Pantai Drini di kawasan Gunung Kidul.

Pantai Drini, Pantai Cantik di Gunung Kidul

Foto oleh @dwi.irianto

Pantai Drini dikenal memiliki pemandangan yang sangat indah dan belum banyak orang yang tahu, sehingga pantai ini tidak terlalu ramai. Bahkan pantai ini juga sempat dijuluki sebagai virgin beach di Jogja!

Lokasi Pantai Drini juga cukup unik karena berada di antara dua bukit yang ada di sisi timur dan barat pantai ini. Kondisi alam ini membuat Pantai Drini punya suasana yang asri dan sejuk, tidak terlalu panas seperti pantai pada umumnya.

Hal Menarik di Pantai Drini

Foto oleh @isnard_____

Salah satu keunikan Pantai Drini yang sulit ditemukan di pantai lain di Jogjakarta adalah gugusan pulau kecil di sebelah selatan lepas pantainya. Gugusan pulau karang ini seperti menjadi penengah di antara 2 arus air yang berlawanan.

Pantai di sebelah timur pulau karang memiliki ombak yang tenang, sedangkan air di sisi baratnya memiliki gelombang yang lebih kuat dan bergemuruh. Banyak wisatawan yang ingin menginjakkan kaki ke pulau karang tersebut hingga rela menyeberang untuk sampai ke sana.

Jika air pantai sedang surut, Anda tinggal berjalan melewati anak tangga beton yang sudah dibangun oleh pengelola pantai. Namun saat air pasang, anak tangga ini akan tenggelam. Pemandangan pantai dari atas pulau karang ini sangat menakjubkan lho! Anda bisa melihat seluruh area pantai dari titik ini secara lebih jelas. 

Legenda Pulau Karang di Pantai Drini

Foto oleh @isnard_____

Pulau kecil yang ada di lepas pantai ini ternyata memiliki cerita tersendiri. Konon di atas pulau dulunya terdapat pohon santigi atau yang disebut dengan Pemphis acidula dalam bahasa latin. Masyarakat kemudian menamai pohon tersebut sebagai pohon drini. Inilah yang kemudian membuat pantai ini disebut dengan Pantai Drini.

Hanya saja, pohon tersebut saat ini sudah tidak ada dan hanya tersisa pandan laut serta rerumputan hijau di pantai tersebut. Pantai Drini sangat cocok sebagai tempat untuk mencari ketenangan, terutama jika Anda menjelajahi pantai di sisi timur yang memiliki ombak-ombak kecil nan menenangkan.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai macam olahraga air seperti kano atau sekedar berenang. Pemandangan matahari terbenam alias sunset di pantai ini juga sangat indah. Tidak heran pantai ini kerap dijadikan destinasi bulan madu bagi penganting baru.

Rute Menuju Pantai Drini

Gunung kidul adalah daerah di Jogjakarta yang dikenal dengan keindahan garis pantainya. Oleh karena itu, sebenarnya tidak sulit menemukan lokasi Pantai Drini. Jarak Pantai Drini dari pusat kota Jogja adalah sekitar 60 kilometer dengan jarak tempuh kurang lebih sekitar 3 jam lamanya. 

Dari pusat kota, Anda bisa mengambil rute menuju Wonosari ke arah Pantai Baron. Untuk sampai di Pantai Drini, Anda bisa naik kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti bus. Lahan parkir Pantai Drini cukup luas dan bisa menampung bus pariwisata, sehingga Anda bisa liburan ke pantai ini bersama rombongan!