• travel
  • ·
  • 13 Dec 2022

Inilah 5 Budaya Yogyakarta yang Sangat Populer

Sebagai salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia, Yogyakarta dikenal dengan berbagai macam kuliner khas legendaris dan spot-spot liburan yang wajib dikunjungi. Padahal Yogyakarta tidak sebatas itu saja. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Vila Instagrammable di Jogja 

Daerah istimewa di Republik Indonesia ini juga memiliki banyak budaya yang menarik untuk disimak. Bahkan kebudayaan inilah yang menjadi identitas Jogja. Yuk, sama-sama menggali lebih dalam kekayaan budaya Yogyakarta yang tidak kalah populer dengan wisatanya!

  1. Sekaten

Sumber: Orami.id

Sekaten atau sekatenan adalah upacara adat yang sudah dilakukan secara turun temurun, tepatnya setelah agama Islam mulai masuk ke tanah Jogja. Ini adalah upacara tahunan yang digelar setaipa tanggal 5 Rabiul Awal kalender Islam untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Biasanya upacara ini diadakan di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Yang menarik dari acara Sekaten adalah pasar malam yang berlangsung selama sebulan sebelum tanggal 5 Rabiul Awal tiba. Pasar malam ini bertempat di Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta. Acara puncak dari Sekaten disebut dengan Grebeg Maulud, dimana ada sejumlah orang akan berjalan dengan memanggul berbagai macam hasil bumi yang kemudian boleh diperebutkan oleh masyarakat. Menurut kepercayaan, hasil bumi tersebut akan mendatangkan rejeki yang melimpah pada siapa saja yang mendapatkannya.

  1. Batik Jogja

Foto oleh @teukusayidina

Batik adalah warisan budaya Indonesia. Namun keunikan batik adalah ciri khas yang dimiliki oleh tiap-tiap daerah asalnya, tidak terkecuali Yogyakarta. Sama seperti batik dari daerah lain, batik Jogja juga merupakan warisan budaya nenek moyang dan mengandung nilai-nilai luhur yang dianut oleh masyarakat Jogja itu sendiri.

Batik yang menjadi ciri khas budaya Jogja adalah batik Giriloyo. Kini Giriloyo telah menjadi sentar batik terbesar di Jogja dan banyak dikunjungi oleh wisatawan dari mancanegara. Bahkan di Kampung Batik Giriloyo juga ada paket kursus membatik untuk para wisatawan yang ingin belajar. Uniknya, semua batik yang dibuat dari batik tulis yang digoreskan menggunakan canting tradisional.

  1. Karawitan

Foto oleh @sanggarsetyaarum_

Karawitan adalah seni musik yang merupakan budaya asli Yogyakarta yang terdiri dari berbagai instrumen musik tradisional, pemain musik, serta penyanyi yang disebut sinden. Beberapa pesinden legendaris yang mempopulerkan karawitan melalui seni kontemporer campur sari adalah Waljinah dan Condrolukito.

Karawitan sendiri memiliki filosofi khusus yakni sawiji, sengguh, patriotik, dan penuh semangat. Ini karena karawitan adalah salah satu bentuk perjuangan melawan penjajahan Belanda di zaman dulu.

  1. Upacara Labuhan

Foto oleh @mukhlisin.encin

Salah satu budaya tradisional Yogyakarta yang masih dilestarikan sampai saat ini adalah Labuhan. Tradisi ini dimulai sejak abad ke-14 di masa kekuasan kerajaan Mataram Islam. Menurut masyarakat setempat, upacara Labuhan dilakukan untuk menciptakan ketentraman dan kesejahteraan.

Penyelenggara upacara ini adalah Keraton Yogyakarta, namun selalu dimeriahkan oleh masyarakat umum yang ingin berpartisipasi. Upacara ini digelar di tempat-tempat yang menyimpan nilai-nilai luhur dan bersejarah warisan para raja. Doa-doa dalam agama Islam pun dipanjatkan untuk memohon kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Yogyakarta.

  1. Sendratari Ramayana

Foto oleh @kristianp.adi

Ini dia salah satu tontonan wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke Jogja dan tertarik dengan budayanya. Sendratari Ramayana merupakan sebuah pertunjukan tari tanpa dialog yang menceritakan dongeng Ramayana.

Tokoh yang ada di dalamnya seperti Sri Rama, Dewi Shinta, dan Rahwana diperankan oleh penari profesional lengkap dengan kostum yang mengagumkan. Pertunjukan ini digelar di Teater Tri Murti Prambanan setiap hari Selasa, Rabu, dan Kamis. Pada bulan-bulan tertentu, pertunjukan ini digelar di ruangan terbuka dengan Candi Prambanan sebagai latar belakangnya.