• culinary
  • ·
  • 19 May 2022

Inilah 6 Makanan Lebaran Khas Yogya yang Perlu Kamu Cicipi

Lebaran menjadi salah satu perayaan yang dilakukan oleh umat muslim setelah berpuasa selama satu bulan penuh. 

Perayaan lebaran tak lengkap rasanya jika tidak dilengkapi dengan berbagai hidangan dan makanan khas yang hanya ada di saat Idulfitri saja. 

Bagi Anda yang akan menghabiskan waktu lebaran di Yogyakarta, pastikan Anda mencicipi berbagai makanan khas Yogyakarta yang memiliki cita rasa khas dan otentik. 

Penasaran makanan khas Yogyakarta apa saja yang bisa Anda coba? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

  1. Opor Ayam Kampung

Foto oleh @fen.z


Makanan khas Yogyakarta pertama yang wajib dicoba saat lebaran adalah opor ayam kampung. Dibanding menggunakan ayam potong biasa, ternyata menggantinya dengan ayam kampung bisa membuat cita rasa opor menjadi lebih gurih dan juga lebih nikmat. Ciri khas lain dari opor ini adalah kuah santannya yang kental serta bumbu rempah yang beragam, membuat hidangan yang satu ini tidak bisa Anda lewatkan begitu saja.

  1. Gudeg

Foto oleh @jogjabikinlaper


Tak lengkap rasanya apabila berlebaran di Jogja namun tidak mencicipi makanan khas Yogyakarta yang satu ini. Gudeg identik dengan rasanya yang manis dan juga gurih saat suapan pertamanya, makanan yang satu ini terdiri dari beberapa kondimen seperti ayam goreng, sambel krecek, kuah areh, dan sayur nangka. Selain itu, Gudeg bisa menjadi menu praktis karena Anda bisa membelinya langsung di sentra Gudeg di Wijilan yang menyediakan berbagai warung Gudeg legendaris yang bisa dicoba.

  1. Gethuk & Tiwul

Foto oleh @jogjabikinlaper 


Bagi Anda yang sering mengunjungi kota Jogja, pasti sudah familiar dengan hidangan Gethuk dan Tiwul! Makanan khas Yogyakarta ini bercita rasa manis dan gurih karena menggunakan bahan dasar singkong, kelapa, dan gula jawa. Gethuk dan Tiwul cocok untuk Anda sajikan sebagai makanan penutup ataupun cemilan saat merayakan momen Idul Fitri bersama keluarga.

  1. Bakpia Kukus

Foto oleh @bakpiatugujogja


Makanan khas Yogyakarta selanjutnya adalah Bakpia kukus yang sekaligus menjadi oleh-oleh wajib jika Anda sedang berada di kota Jogja. Bakpia kukus memiliki tekstur yang lembut dan isi yang akan lumer saat gigitan pertama. Bakpia ini memiliki berbagai varian rasa mulai dari coklat, keju, kacang hijau, sampai strawberry. Salah satu bakpia kukus yang bisa Anda coba adalah Bakpia Tugu yang memiliki cabang yang tersebar di setiap sudut kota Jogja. Bakpia Tugu ini bisa Anda beli dengan Rp38,000 saja untuk 1 box dengan isi 1 varian rasa.

  1. Lemet Singkong

Foto oleh @sz_homebaked


Bagi segelintir orang, makanan yang satu ini masih cukup asing terdengar di telinga. Lemet adalah olahan yang terbuat dari singkong parut yang dicampur dengan gula merah dan dibungkus menggunakan daun pisang. Makanan khas Yogyakarta yang satu ini biasa Anda temui saat momen perayaan tertentu, salah satunya saat lebaran. Lemet sendiri memiliki rasa yang legit dan juga manis karena gula merah yang ada di dalamnya.


  1. Mangut Lele

Foto oleh @jogjabikinlaper 


Makanan khas Yogyakarta yang bisa Anda cicipi saat lebaran adalah Mangut Lele. Menu yang satu ini seringkali menjadi hidangan yang bisa membuat Anda ketagihan untuk memakannya. Mangut Lele adalah olahan dari ikan lele yang digoreng/dibakar, kemudian diberi bumbu kuah seperti santan, berbagai rempah, dan juga cabai. Selain itu Anda juga bisa menambahkan daun kemangi dan tomat hijau untuk membuat hidangan ini semakin nikmat untuk disantap bersama nasi hangat.


Demikian adalah 6 makanan khas Yogyakarta yang bisa Anda coba saat menghabiskan momen lebaran di Jogja. Makanan mana yang paling ingin Anda cicipi?