• lifestyle
  • ·
  • 19 May 2022

Jaga Kesehatan Kulit Saat Puasa Dengan Cara Ini

Ternyata memiliki kulit glowing saat puasa bukan jadi halangan, Anda bisa memulainya dengan menjaga kesehatan kulit dari dalam dan juga luar.

Terdapat berbagai cara yang bisa Anda coba untuk menjaga kesehatan kulit agar tidak terlihat kusam dan tetap lembab, salah satunya dengan menghidrasi kulit kita melalui konsumsi air putih yang cukup saat berbuka dan sahur. 

Selain itu, terdapat berbagai cara lain yang bisa Anda coba untuk merawat kulit, berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan:

  1. Jaga Asupan Cairan

Foto oleh Pexels.com/Andrea Piacquadio

Tahukah Anda jika 60% dari tubuh kita berisikan oleh air? Apabila kita memiliki kadar air yang cukup, sistem yang ada di tubuh akan bekerja lebih optimal. Saat Ramadhan kita akan berpuasa selama lebih dari 12 jam setiap harinya, hal ini bisa membuat tubuh kita berpotensi mengalami dehidrasi jika kekurangan asupan air dan bisa mengganggu kesehatan kulit kita.

Maka dari itu, kunci untuk menjaga kesehatan kulit selama bulan puasa adalah menjaga asupan cairan dengan minum secara teratur dan bertahap pada saat buka dan sahur. Anda bisa menggunakan cara 2-4-2 yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam hari, dan 2 gelas pada saat sahur.


  1. Konsumsi Sayur dan Buah

Foto oleh Pexels.com/Trang Doan


Hal yang harus Anda lakukan dalam menjaga kesehatan kulit selanjutnya adalah dengan banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan saat berbuka dan juga sahur. Selain asupan air, tubuh kita juga membutuhkan asupan serat dari buah serta sayur yang bisa menjaga metabolisme tubuh dan menjaga kelembaban kulit kita.

Antioksidan adalah kandungan yang bisa menjaga kesehatan kulit dan tubuh kita untuk menangkal radikal bebas. Pilih sayur dan buah yang memiliki banyak kandungan antioksidan seperti bayam, brokoli, apel, sirsak, jeruk, dan mangga.


  1. Rutin Cuci Muka dan Pakai Pelembab

Foto oleh Pexels.com/Shiny Diamond


Kunci untuk menjaga kesehatan kulit selanjutnya adalah dengan rutin cuci muka setiap harinya. Agar tidak kelembaban alami dari kulit kita tidak hilang, disarankan untuk mencuci muka sebanyak 2 hingga 3 kali sehari sesuai dengan kegiatan yang dilakukan. Selain itu, Anda juga wajib menggunakan pelembab sebelum beraktivitas setiap harinya. Fungsi pelembab di sini adalah untuk membantu menjaga kesehatan kulit agar tetap terhidrasi meskipun sedang berpuasa.


  1. Gunakan Masker Wajah

Foto oleh Pexels.com/Shiny Diamond


Ternyata, menggunakan masker wajah secara rutin bisa membantu dalam menjaga kesehatan kulit agar terbebas dari jerawat dan kulit kusam. Dalam menggunakan masker wajah, Anda bisa melakukannya secara rutin selama 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Selain untuk menjaga kelembaban, masker wajah ternyata bisa mencegah kulit kita dari jerawat dan juga iritasi. Pastikan Anda menggunakan masker wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulit, untuk hasil yang lebih optimal.


  1. Kurangi Minuman Soda dan Kafein

Foto oleh Pexels.com/Chevanon Photography


Cara yang bisa Anda lakukan dalam menjaga kesehatan kulit selanjutnya adalah dengan mengurangi konsumsi minuman dengan soda dan juga kafein. Kedua kandungan ini bisa mempengaruhi kesehatan kulit kita, karena jika dikonsumsi secara berlebihan justru akan menimbulkan efek negatif pada tubuh. Selain itu, kedua kandungan ini juga bisa membuat tubuh lebih cepat dehidrasi, terutama saat kita sedang menjalankan ibadah puasa.


  1. Gunakan Tabir Surya

Foto oleh Pexels.com/Antoni Skhraba


Tips terakhir yang bisa Anda coba untuk menjaga kesehatan kulit adalah rajin menggunakan tabir surya atau sunscreen saat hendak beraktivitas setiap hari. Sunscreen adalah cara untuk merawat kulit dari luar, sebaiknya Anda menggunakan sunscreen sebanyak 2 hingga 3 kali setiap harinya terutama jika kegiatan Anda sehari-hari berada di lapangan/luar ruangan.


Itu dia tips untuk merawat kesehatan kulit selama bulan puasa yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba!