• experience
  • ·
  • 11 Aug 2021

Kangen Jogja? Inilah Beberapa Keistimewaan Jogja Yang Akan Bikin Kamu Tambah Kangen

Jogja bagi banyak orang mungkin mempunyai kesan yang berbeda untuk para pendatang dan juga untuk penduduk asli sana dari banyak kota lain yang ada di Indonesia. Setiap sudut di kota menyimpan rasa yang tulus dan berarti bagi setiap orang, menciptakan memori manis dengan interaksi yang ramah dan sopan oleh penduduk Jogja. Lekukan arsitektur Jogja terdiri dari peninggalan sejarah, membuat Jogja sangat monumental, di setiap langkah untuk Jogja, semua orang pasti bisa merasakan seberapa istimewanya kota ini. Intensitas. Pengalaman di lensa dan nuansa yang berbeda ini selalu memanggil wisatawan untuk kembali lagi ke Jogja, bahkan banyak yang memilih untuk menetap di Jogja untuk menjadi pelajar ataupun bekerja disini.

Romantis

Sumber: Phinemo

Apa yang membuat Jogja begitu romantis? Bisa dibilang banyak hal, mulai dari beberapa pantainya di daerah selatan, lalu tidak sulit mencari view yang bagus untuk melihat kota maupun bintang, selain itu untuk berjalan kaki di Jogja dimanapun selalu terlihat indah dan bersih karena lingkungan selalu dijaga dengan baik; semua ini membuat momen apapun yang terjadi di Jogja terasa lebih romantis.

Peninggalan Bersejarah.

Sumber: Phinemo

Seperti sebutannya, Jogja memang daerah yang istimewa, bagaimana tidak banyak sekali landmark bersejarah yang ditinggalkan pendahulu. Daerah Istimewa Yogyakarta terbentuk dari perjanjian Gianti yang ditandatangani oleh Belanda dimana Negara Mataram dibagi menjadi dua yaitu untuk Kerajaan Surakarta dan Pangeran Mangkubumi, dimana Pangeran Mangkubumi diakui menjadi Raja untuk jawa tengah dengan gelar Sultan Hamengku Buwono dan telah menguasai Yogyakarta sejak saat itu. Terbitlah beberapa bangunan yang menandakan daerah Istimewa Yogyakarta seperti Keraton, Taman Sari, Kota Gede, Candi Prambanan, Benteng Vredeburg dan juga beberapa museum yang memegang memori sejarah di kota ini.

Kreatif.

Sumber: Jakarta Post

Jogja bisa dibilang terkenal sebagai kota yang kreatif, bisa dilihat dari perkembangan kota dari tahun ke tahun, ragam UMKM berkontribusi pada daya tarik Jogja, mulai dari kuliner kopi, jajanan, makanan khas dan makanan kekinian, sampai objek wisata yang terlahir dari kreativitas warga Jogja juga mewarnai kota ini. Adapun wisata khusus kesenian Jogja yang tidak bisa dilewatkan seperti pertunjukan wayang, tari dan gamelan di Keraton, Prambanan Jazz, Museum Affandi, Jogja National Museum, Festival tahunan ARTJOG dan banyak lagi. Jogja juga dinobatkan menjadi kota percontohan ekonomi kreatif untuk Jawa Timur, pemerintah memotivasi untuk memperkuat Jogja menjadi kota wisata bagi wisatawan lokal maupun luar negeri.

Ramah dan sopan.


Sumber: Yogyes

Banyak dari kita yang pasti sudah tau kalau Jogja adalah kota yang penduduknya sangat ramah dan sopan. Ini hasil dari kuatnya budaya warga Jogja yang telah mendarah daging, begitu menghormati norma dan nilai pendahulu, lewat bahasa maupun perbuatan. Alasan ini yang membuat banyak orang ingin kembali bahkan tinggal disini karena merasa nyaman dan aman di Jogja.

Otentik, Khas.

Ragamnya budaya Indonesia sangatlah kompleks, yang sudah tertulis pun masih belum menjelaskan detail asli sejarah kebudayaan Indonesia, banyak lagi cerita lisan maupun misteri yang belum terungkap tentang budaya kita. Jogja menjadi salah satu wilayah yang menonjol di Indonesia karena keotentikannya. Dari semua kualitas diatas seperti romantis, banyaknya peninggalan sejarah, kreativitas, ramah dan sopan, tidak banyak kota di Indonesia yang memborong semua kualitas tersebut menjadi satu, membuat Jogja selalu memberikan kesan yang istimewa nan berbeda kepada setiap pendatang.