• travel
  • ·
  • 19 Jun 2022

Kunjungi 5 Museum di Jogja Ini Agar Makin Cerdas

Berkunjung ke museum merupakan salah satu kegiatan wisata yang patut Anda coba. Selain unik, wisata museum juga mengedukasi dan menambah wawasan Anda agar makin cerdas. Berikut ini kami bagikan lima museum di Jogja yang menyimpan barang-barang bersejarah hingga karya seni yang mengedukasi. 


1. Jogja National Museum

Foto oleh: @jogjanationalmuseum 


Kalau umumnya di museum banyak barang bersejarah, beda halnya dengan Jogja National Museum (JNM) yang lebih banyak memamerkan karya-karya seni. Pameran karya seni di JNM juga tidak terbatas pada lukisan dan pahatan saha, tapi instalasi seni kontemporer juga ada.


Museum ini selalu rutin menjadi tempat dilaksanakannya berbagai pameran seni berkelas internasional, seperti Biennale Jogja dan masih banyak lagi.


Jam buka: Senin - Sabtu pukul 09.00 - 16.30

Alamat: Jl. Prof. DR. Ki Amri Yahya No.1, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55167


Baca juga: Kuliner Keraton Yang Tidak Banyak Diketahui Masyarakat 



2. Museum Benteng Vredeburg 

Foto oleh: @anindiakaruniapangesti


Pada tahun 1992, museum ini resmi ditetapkan sebagai Museum Khusus Perjuangan Nasional dengan nama Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Ada sejumlah koleksi unggulan di museum ini berupa minirama Kongres Boedi Oetomo, diorama pelantikan Soedirman sebagai Panglima Besar TNI, mesin ketik Surjopranoto, kendil yang digunakan oleh Soedirman, Dokumen Soetomo, dan bangku militer akademi.


Jam buka: Selasa - Minggu pukul 08.00 - 15.00

Alamat: Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122 


3. Museum Affandi 

Foto oleh: icecubeholic


Di Museum Affandi, Anda bisa melihat berbagai lukisan indah hasil karya seni sang maestro lukis. Museum ini juga memperlihatkan potret kehidupan sehari-hari sang maestro selama masih hidup. Inilah yang menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang berkunjung ke sini. 


Saat tiba di museum, Anda akan langsung disambut tak kurang dari 300 lukisan karya Affandi. Ada pun karya lukisan dari pelukis terkenal Indonesia lainnya sejumlah kurang lebih 700 lukisan. Lukisan tersebut merupakan karya dari Popo Iskandar, Basuki Abdullah, Hendra Gunawan, Barli, Sudjojono, dan Mochtar Apin.


Jam buka: Senin - Sabtu pukul 09.00 - 16.00

Alamat: Jl. Laksda Adisucipto No.167, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281 


4. Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala 

Foto oleh: @museumdirgantara


Museum di Jogja yang wajib Anda kunjungi berikutnya adalah Museum Dirgantara yang berlokasi di Kompleks Landasan Udara Adisucipto. 


Koleksi barang-barang di museum ini tentu bersejarah dan berkaitan dengan Angkatan Udara Indonesia. Museum ini juga menyimpan foto tokoh-tokoh sejarah Angkatan Udara Indonesia, serta diorama sejumlah peristiwa penting di masa lalu. Pesawat tempur dan pesawat replika di museum ini umumnya berasal dari masa Perang Dunia II dan Revolusi Kemerdekaan Indonesia. 


Beberapa koleksi yang ada di museum ini antara lain Pesawat Ki-43 buatan Jepang, Pesawat PBY-5A (Catalina), Replika pesawat WEL-I RI-X (pesawat pertama hasil produksi Indonesia, dan Pesawat A6M5 Zero Sen buatan Jepang.


Jam buka: Setiap hari pukul 08.00 - 16.00

Alamat: Kompleks Landasan Udara Adisucipto, Jl. Raya Janti, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282


5. Museum Sandi 

Foto oleh: @h4afizhihsannagi


Museum Sandi merupakan satu-satunya museum kriptologi di Indonesia. Ini merupakan unit pelaksana teknis di lingkungan Badan Siber dan Sandi Negara. Bangunan museum ini terdiri dari dua lantai dengan 9 ruang display yang di dalamnya menyimpan berbagai benda bersejarah sejak zaman perang kemerdekaan. 


Beberapa ruangan menampilkan benda bersejarah dalam dunia persandian Indonesia, contohnya buku sandi, sepeda onthel yang dahulu digunakan para kurir, dan masih banyak lagi. Ada pula beberapa diorama yang menampilkan kegiatan petugas sandi di zaman perang kemerdekaan. 


Jam buka: Selasa - Minggu pukul 09.00 - 15.00

Alamat: Jl. Faridan M Noto No.21, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224 


Mumpung sedang di Jogja jangan lupa beli Bakpia Tugu Jogja sebagai oleh-oleh untuk teman atau keluarga tersayang. Bakpia Tugu Jogja tersedia dalam varian Original dan Brownies dengan isian coklat, keju, kacang hijau, dan stroberi. Anda bisa beli langsung di Bakpia Tugu Jogja atau pesan di toko online, ya.