• culinary
  • ·
  • 28 Jun 2022

Lezatnya 4 Nasi Pecel di Jogja Ini Tak Bisa Ditolak

Nasi pecel atau sego pecel merupakan salah satu menu sarapan favorit masyarakat Yogyakarta. Dalam seporsi nasi pecel, Anda bisa menemukan sayur-sayuran dan beraneka ragam lauk pauk yang porsinya pas jika disantap pada pagi hari. 

Nah, bagi Anda yang sedang mencari tempat makan nasi pecel Jogja yang enak dan murah meriah, simak daftar rekomendasinya di bawah ini. 


Baca juga: Jangan Lewatkan 10 Mie Ayam Ini Bila Anda Berkunjung ke Jogja!

1. Warung Pecel & Soto Magetan Bu Ramelan

Foto oleh: @meyriskaaa

Nasi pecel Jogja yang pertama kami rekomendasikan adalah Warung Pecel dan Soto Magetan Bu Ramelan yang termasuk dalam jajaran tempat makan legendaris di Jogja. Pemiliknya yang bernama Bu Ramlan ini berjualan di warung sederhananya setiap hari yang berlokasi di Jalan Laksda Adisucipto. 

Nasi pecel Bu Ramelan punya cita rasa yang enak, mantap, dan siap bikin Anda ketagihan. Tak heran banyak pembeli yang rela antre demi mencicipi lezatnya nasi pecel di warung makan ini. Ditambah lagi dengan harganya yang murah meriah. Satu porsi nasi pecel di sini masih di bawah Rp10.000. Anda juga bisa menambah telur ceplok biar makin nikmat dan mengenyangkan. 

Alamat: Jl. Laksda Adisucipto No.6 A, Ambarukmo, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

2. Pecel Senggol Beringharjo

Foto oleh: @oby.binar 

Sesuai namanya, Pecel Senggol Beringharjo berada di depan pintu masuk Pasar Beringharjo, Malioboro, Yogyakarta. Racikan nasi pecel di sini sama dengan nasi pecel pada umumnya. Di dalam satu porsi nasi pecel terdapat aneka sayuran rebus yang disiram bumbu kacang. Nah, bumbu kacang di Pecel Senggol ini banyak digemari pembeli, karena punya rasa yang Jogja banget, yakni didominasi rasa manis dan agak pedas. 

Ada pula aneka lauk yang bisa Anda pilih, seperti tahu, tempe bacem, sate telur puyuh, sate usus, sate ati ampela, dan gorengan. Satu porsi nasi pecel ini dihidangkan di atas pincuk daun pisang atau piring yang beralaskan daun pisang. Rasanya makin nikmat jika disantap dengan nasi hangat. 

Alamat: Ps. Beringharjo, Ps. Beringharjo,, Jl. Pabringan No.84, Ngupasan, Gondomanan, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

3. Pecel Pincuk Gumilang

Foto oleh: @pecelgumilang 

Pecel Pincuk Gumilang menjadi salah satu tempat makan favorit untuk sarapan. Tempat makannya cukup nyaman, tapi tidak terlalu luas yang membuat banyak pembeli sering tak kebagian tempat duduk di jam-jam sibuk.

Ada bisa memilih lauk pendamping nasi pecel Anda, seperti telur ceplok, empal, paru, tahu bacem, telur asin, peyek teri, peyek kacang, bakwan, dan gorengan lainnya. Nasi pecel ini kemudian dihidangkan dengan beralaskan daun pisang. Tak lupa nasi pecel akan disiram kuah kacang yang gurih dan lezat.

Alamat: Jl. Laksda Adisucipto No.31, Ngentak, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

4. Pecel Wader Pak Bejo

Foto oleh: @afril.omaap

Kuliner legendaris Pecel Wader Pak Bejo menyediakan berbagai macam menu. Selain nasi pecel, es campur menjadi salah satu menu favorit pembeli. Anda juga bisa memilih menu lain seperti ayam, nila, lele bakar, soto kemangi, pecel welut, pecel ayam bakar, atau sego kutur. Untuk harganya sendiri sangat murah meriah, yakni sekitar Rp12.000 sampai Rp27.000. 

Alamat: Jl. Wiyoro Lor No.RT.15, Mantup, Baturetno, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Nah, habis makan nasi pecel Jogja enaknya makan yang manis-manis. Sambil di jalan pulang jangan lupa mampir untuk beli Bakpia Tugu Jogja. Harga satu boks Bakpia Tugu Jogja mulai dari Rp20.000 untuk travel size hingga Rp37.000 untuk regular size. Sedangkan bolu kukusnya seharga Rp25.200 per boks. Yuk, beli sekarang!