• travel
  • ·
  • 01 Jun 2022

Liburan yang Tak Biasa, Kunjungi 5 Desa Wisata Yogyakarta Ini

Bosan dengan hiruk pikuk perkotaan? Saatnya Anda mencoba menghabiskan waktu liburan ke kota Jogja. 


Setiap tahunnya, Anda akan menemukan berbagai tempat wisata baru yang hadir di Kota Gudeg ini, mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata edukatif pun tersedia di Jogja. 


Untuk Anda yang ingin mencoba hal baru, tak ada salahnya untuk mengunjungi desa wisata Yogyakarta yang memiliki keunikan dan daya tariknya sendiri.


Anda akan menemukan berbagai hal baru dan bisa mengenal budaya kota ini dengan lebih dalam dengan berkunjung ke desa wisata Yogyakarta yang tersebar di seluruh sudut kota nya.


Lalu, desa wisata Yogyakarta mana saja yang bisa Anda kunjungi dan cocok untuk menghabiskan waktu libur? Berikut ini adalah 5 daftar desa wisata di Yogyakarta!

  1. Desa Wisata Tembi

Foto oleh @richabanebutarbutar


Desa Wisata Tembi terletak di Jalan Tembi No.8, Tembi, Timbulharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul. Desa wisata Yogyakarta yang satu ini terkenal dengan wisata edukatifnya yaitu outbound yang meliputi berbagai kegiatan seperti membajak sawah, menangkap bebek di lumpur, tarik tambang di lumpur, sampai menangkap belut sawah. Selain itu, Anda juga bisa menikmati wisata budaya dengan mengunjungi museum Tembi dan melakukan berbagai aktivitas lain seperti melukis. Desa Wisata Tembi juga terkenal dengan penginapannya serta pemandangan sawah yang membentang luas.


  1. Desa Wisata Kasongan

Foto oleh @nangsib_keramik


Berlanjut ke desa wisata Yogyakarta selanjutnya, Desa Kasongan menjadi salah satu destinasi yang wajib Anda sambangi saat berkunjung ke Jogja. Desa Kasongan sendiri terkenal dengan sentra gerabah terbesar di Yogyakarta, di tempat ini Anda bisa menemukan berbagai cinderamata yang terbuat dari gerabah dan juga kerajinan tangan lainnya yang dibuat oleh warga sekitar. Desa Kasongan juga menyediakan kursus pembuatan gerabah yang bisa Anda ikuti sebagai kegiatan untuk mengisi waktu liburan.


  1. Desa Wisata Nglinggo

Foto oleh @nglinggo.official


Desa Wisata Nglinggo terletak di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kec. Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Desa wisata Yogyakarta yang satu ini menjadi favorit para wisatawan karena terletak di dataran tinggi dan dekat dengan perkebunan teh yang membentang luas. Tak jauh dari desa ini, terdapat Puncak Suroloyo yang sering dijadikan destinasi wisata untuk melihat sunrise bagi para wisatawan. Selain itu, di sekitar Desa Nglinggo Anda juga bisa menemukan berbagai destinasi wisata lain seperti air terjun dan juga hutan pinus.


  1. Desa Wisata Kembang Arum

Foto oleh @rodika_bayufebrian


Destinasi desa wisata Yogyakarta yang selanjutnya adalah Desa Kembang Arum yang terletak di Kembangarum , Donokerto, Turi, Wetan Kali, Donokerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman. Sejak diresmikan pada tahun 2005 silam, Desa Wisata Kembangarum memiliki berbagai kegiatan wisata yang bisa Anda coba mulai dari outbound sampai kegiatan mengolah sawah yang pastinya seru dan menyenangkan.


Desa wisata Yogyakarta yang satu ini juga menawarkan pemandangan alam dan nuansa asri pedesaan karena letaknya yang cukup jauh dari pusat kota dan jalan raya. Desa Kembang Arum cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga untuk menghabiskan waktu liburan sambil belajar mengenal alam pedesaan di Yogyakarta.

  1. Desa Wisata Pentingsari

Foto oleh @sandiuno


Destinasi desa wisata Yogyakarta terakhir adalah Desa Wisata Pentingsari yang terletak di Pentingsari, Umbulharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman. Desa wisata ini telah mendapatkan berbagai penghargaan sebagai Top 100 Destinasi Berkelanjutan Dunia versi Global Green Destinations Days (GGDD) 2019. Selain itu, Desa Wisata Pentingsari juga pernah mendapatkan penghargaan dari Indonesia Suistainable Tourism Awards (ISTA) 2017 dalam kategori ekonomi. 


Desa wisata Yogyakarta yang satu ini menawarkan berbagai kegiatan edukatif yang menarik seperti belajar karawitan, menari Jawa, juga bercocok tanam. Karena letaknya yang berada di lereng Gunung Merapi, membuat desa ini memiliki keindahan alam seperti pesona Gunung Merapi yang nampak jelas dari Desa Pentingsari.


Itu dia ulasan lengkap mengenai 5 desa wisata Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi di saat waktu liburan telah tiba! Desa wisata mana yang menarik perhatian Anda?