• culinary
  • ·
  • 23 Aug 2021

Makanan Khas Yogyakarta yang Terkenal Murah dan Enak

            Keistimewaan dari Daerah Istimewa Yogyakarta adalah kulinernya. Penjual makanan di kota ini seperti selalu berinovasi berlomba-lomba menciptakan makanan yang berkualitas dengan harga yang murah, pun makanan yang lebih dahulu lahir juga tetap mempertahankan harga dan citarasanya untuk bersaing dengan inovasi makanan yang baru. Bagi kamu yang bingung tempat mana yang wajib dikunjungi berikut referensi tempat makan enak dan murah di Jogja:

  1. Warung Spesial Sambal (SS)


    Kredit: Blogunik.com

Untuk kamu yang menyukai makanan pedas, Warung SS bisa jadi pilihan utama untuk kamu. Dengan puluhan jenis sambal dan lauk, dengan kombinasi lauk dan sambal favorit dijamin makanan disini bakal bikin ketagihan dan bikin kembali lagi. Dengan kisaran harga Rp 8,000-15,000 kamu sudah bisa kenyang dengan lauk pauk dan nasi yang lengkap. Berawal dari  jogja, karena kesuksesannya, Warung SS sudah mempunyai lebih dari 93 cabang di kota-kota besar seperti Tangerang, Jakarta, Purwokerto, Semarang, Solo, Malang, Bali bahkan sampai Malaysia.

  1. Angkringan


    Kredit: GudegNet

Mungkin terdapat ratusan angkringan di Jogja, seperti sudah menjadi salah satu ikon dari kota ini. Angkringan KR contoh angkringan yang populer dan paling laris, lokasinya berada di kantor surat kabar harian Kedaulatan Rakyat (KR). Banyak sekali menu yang ada di angkringan ini, seperti menu sate-satean, aneka gorengan, nasi beserta lauk pauk, harga yang ditawarkan mulai dari  Rp 1,000 saja!

  1. Gudeg Pawon


    Kredit: Yogyes

Unik dari jogja; Gudeg pawon yang menawarkan menu gudeg tapi pembelinya harus mengambil di pawon (dapur) persis seperti dirumah. Rasanya yang lezat dan gurih ini membuat pembeli rela mengantri. Hanya dengan Rp 25,000 kamu dapat seporsi gudeg ini.

  1. Ayam Geprek Bu Rum


Kredit: Detik Food

Populer di kalangan anak muda dan mahasiswa, Ayam Geprek tidak kalah dengan pilihan kuliner lain. Disinilah ayam geprek original yang paling enak, bisa menentukan tingkat kepedasan juga, lho.  Dengan harga Rp 7,000 saja sudah bisa mendapat kan 1 porsi ayam geprek Bu Rum ini.

  1. Sate Klatak Pak Bari


    Kredit: Republika

Salah satu makanan Jogja yang sangat khas dan unik, yaitu Sate Klatak. Hidangan sate ini dibuat dengan jeruji besi sepeda sebagai tusuknya untuk memberi kematangan sempurna pada daging. Sate Klatak Pak Bari adalah satu dari banyak pilihan Sate Klatak, sate di Sate Klatak Pak Bari Menggunakan Kambing Muda dan hanya garam untuk bumbu, membuatnya menjadi Sate Klatak andalan di Jogja.

  1. Soto Ayam Kampung Pak Dalbe


    Kredit: GudegNet

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki soto daerah masing-masing. Soto asli daerah Jogja mempunyai karakter yang menyegarkan dengan kuah yang bening, rasanya sangat gurih sedikit manis, dan biasanya memakai ayam kampung. Soto Ayam Kampung Pak Dalbe adalah salah satu representasi untuk soto khas Jogja, menjadi salah satu soto favorit untuk sarapan dengan harga yang cukup murah hanya Rp 10,000 saja per porsinya.

  1. Penyetan Mas Kobis



    Kredit: Phinemo

Belum lengkap rasanya ke Jogja sebelum merasakan makanan yang satu ini, termasuk penyetan yang legendaris di Jogja dengan lebih dari 40 gerai yang tersebar di Jogja. Dengan berbagai pilihan penyetan dan geprekan yang disajikan bersama kobis goreng dan sambal,  dari harga Rp 12,000 saja kamu bisa merasakan hidangan penyetan ala jogja ini.