• culinary
  • ·
  • 19 Jul 2022

Mangut Lele Mbah Marto yang Endeus di Jogja: Harga dan Lokasi

Mencari ide makan siang yang enak di Jogja? Saatnya Anda mengunjungi salah satu kuliner khas Jogja yang menjadi favorit banyak orang yaitu Mangut Lele Mbah Marto. Di usia senjanya Mbah Marto tetap berjualan mangut lele. Dulunya Mbah Marto berjualan keliling, kemudian di tahun 1989 ia mulai berjualan di rumahnya sendiri.


Baca juga: Lezatnya 4 Nasi Pecel di Jogja Ini Tak Bisa Ditolak 


Hal yang membuat Mangut Lele Mbah Marto sangat spesial adalah pengunjung bisa memasuki area dapur untuk mengambil makanan yang diinginkan. Dapur memasak di Mangut Lele Mbah Marto masih sangat tradisional dan memiliki suasana seperti jaman dulu. Kesederhanaan inilah yang membuat banyak pengunjung tertarik dan selalu datang kembali ke Mangut Lele Mbah Marto.


Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Mangut Lele Mbah Marto, tak ada salahnya untuk menyimak ulasan lengkapnya berikut ini!

Merasakan Kelezatan Mangut Lele Mbah Marto

Foto oleh @keplek_ilat




Mangut lele merupakan salah satu bagian dari kekayaan kuliner khas Jogja yang sudah ada sejak jaman dahulu. Mangut lele adalah masakan olahan berbahan dasar ikan lele yang disiram dengan kuah santan yang pedas. Dulunya, hidangan ini selalu disajikan sebagai hidangan utama bagi raja-raja Keraton.


Lalu, apa yang membuat Mangut Lele Mbah Marto menjadi spesial? Cara pengolahan lele yang dibakar atau diasapi sebelum dicampur dengan kuah santannya menjadi kunci masakan Mangut Lele Mbah Marto sangat enak. Aroma lele yang sangat khas bercampur dengan kuah santan yang pedas menjadi perpaduan yang sangat pas.


Tak hanya menyediakan menu mangut lele saja, di sini Anda bisa menemukan menu tradisional khas jaman dulu lainnya seperti Trancam, Gudeg, Sambel Krecek, dan berbagai menu lainnya.


Karena mengusung konsep “Open Kitchen”, saat Anda datang pertama kali ke Mangut Lele Mbah Marto, akan melihat bagaimana proses memasak semua menu di warung makan ini. Alat memasaknya yang masih sangat sederhana yaitu menggunakan tungku kayu bakar dan juga akan terlihat dinding yang hitam akibat kepulan asap dari aktivitas memasak di dapur ini.

Menu di Mangut Lele Mbah Marto dan Harganya

Foto oleh @fardeean_thias




Saat Anda memasuki area dapur, di sana akan terlihat berbagai baskom yang diletakkan di atas Amben (Balai-Balai Bambu) dan bisa mengambil berbagai menu seperti nasi hingga lauk pauk. Warung Mangut Lele Mbah Marto menyediakan 9-10 menu selain mangut lele seperti Garang Asem, Gorengan, Sambal, Oseng Teri Daun Pepaya, Opor, dan Tempe Bacem.


Sementara untuk harga makanan di Mangut Lele Mbah Marto dipatok mulai Rp25.000 untuk seporsi Mangut Lele dan Rp30.000 untuk tambahan sayur. Bagi Anda yang menambah lauk lainnya, seperti tahu atau gorengan bisa langsung menuju ke arah kasir untuk membayar makanan terlebih dahulu.


Untuk Anda yang ingin makan di tempat, saat ini sudah tersedia beberapa tempat duduk di area rumah dan teras Mbah Marto. Tapi, Anda juga bisa membeli Mangut Lele untuk dibawa pulang.

Rute menuju Mangut Lele Mbah Marto

Foto oleh @kuliner_indonesia_maknyusss




Mangut Mangut Lele Mbah Marto berlokasi di Jalan Sewon Indah No.RT.04, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Jika berangkat dari Kota Yogyakarta, Anda bisa melewati Jalan Parangtritis dan menuju ke arah Sewon. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk sampai di warung makan ini sekitar 45 menit dari area Malioboro dan sekitar 1 jam jika Anda berada di area Sleman.


Patokan utamanya adalah dari kampus ISI (Institut Seni Indonesia) masuk ke area belakang kampus dan akan langsung melihat petunjuk masuk ke Warung Lele Mbah Marto yang saat ini sudah bisa ditemukan dengan mudah.


Warung Mangut Lele Mbah Marto buka setiap hari mulai pukul 10.00-20.00 WIB. Waktu terbaik untuk mengunjungi warung ini adalah saat jam makan siang. Namun saat memasuki musim liburan, Warung Mangut Lele Mbah Marto akan jauh lebih ramai dan bisa sampai membuat antrian panjang, hanya untuk bisa masuk mengambil makanan di dapur.




Demikian adalah ulasan lengkap mengenai Warung Mangut Lele Mbah Marto yang melegenda, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?