• culinary
  • ·
  • 25 Jul 2022

Menyicip Sate Klathak Pak Pong di Jogja yang Lezat dan Legendaris

Jogja adalah destinasi liburan populer di Jawa. Tidak hanya punya garis pantai yang indah, Jogja juga terkenal punya sederet kuliner khas yang sayang kalau tidak dicicipi. Berbagai kuliner populer tersebut nggak cuma enak, tapi juga sudah melegenda. Bahkan sudah ada yang mencapai 50 tahun lho!

Baca juga: Filosofi Kopi Jogja: Harga Menu, Lokasi, dan Info Lainnya 

Seperti Sate Klathak Pak Pong. Tempat makan ini sudah buka sejak tahun 1960 dan masih laris hingga kini. Pengelolanya pun sudah turun temurun, namun citarasanya sama sekali tidak berubah. Sate klathak yang unik ini sudah tersohor di kalangan wisatawan yang datang dari luar kota.

Anda penasaran juga? Yuk, sima ulasan lengkapnya dalam artikel berikut!

Legendarisnya Sate Klathak Pak Pong

Foto oleh @kulinerogya 

Apa sih sebenarnya sate klathak? Bagi Anda yang belum pernah mencicipi, nama ini mungkin terdengar unik. Sate klathak dimasak dengan cara yang sama seperti sate pada umumnya, namun tusuknya tidak terbuat dari bambu melainkan jeruji besi sepeda.

Karena ditusuk dengan besi. Panas bara api pun bisa tersebar lebih cepat dan lebih merata, sehingga dagingnya pun empuk sempurna hingga ke dalam. Alih-alih manis seperti sate biasanya, sate klathak punya rasa yang gurih dan bikin nagih!

Sate Klathak Pak Pong yang melegenda ini bisa membuat pelanggannya rela mengantri lho. Tidak tanggung-tanggung, antriannya bisa sampai dua jam! Karena tempat duduk yang terbatas, tidak jarang pengunjung harus berdiri sampai ada kursi yang kosong.

Menu andalan tempat makan ini adalah sate kambing yang disajikan dengan kuah gulai istimewa.

Pilihan Menu di Sate Klathak Pak Pong dan Harganya

Foto oleh @suriaefandi 

Meski namanya adalah sate klathak, namun ternyata tempat makan ini menawarkan menu-menu lain yang tidak kalah menggoda. Semua menu di Sate Klathak Pak Pong punya satu kesamaan, yaitu merupakan olahan daging kambing.

Menu yang wajib Anda coba tentu adalah sate klathak! Selain sate, pilihan menu lainnya meliputi tengkleng, nasi goreng kambing, gulai babat, gulai daging, dan aneka tongseng. Kalau penasaran, Anda bisa mencicipi semua menu! Dijamin sama lezatnya!

Satu lagi nih kelebihan kalau Anda mampir ke Sate Klathak Pak Pong. harga menunya berkisar antara Rp 20 ribu sampai Rp 27 ribu, jadi Anda tidak perlu khawatir isi kantong akan terkuras.

Lokasi dan Rute Menuju Sate Klathak Pak Pong

  • Alamat: Jl. Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Kec. Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791.

  • Jam buka: 09.00-23.30 WIB.

Sebagai salah satu kuliner paling populer yang jadi tujuan para pelancong dan warga lokal Jogjakarta, tentu saja tidak sulit menemukan Sate Klathak Pak Pong. Jaraknya dari pusat kota Jogja hanya sekitar 30 menitan saja.

Dari Jalan Malioboro, Anda harus menempuh perjalanan ke arah selatan sejauh 11.4 kilometer. Jika lalu lintas normal, Anda akan sampai ke Sate Klathak Pak Pong dalam waktu 30 menit saja.

Tips Berkunjung ke Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong buka dari pagi hingga tengah malam. Meskipun demikian, tempat makan yang satu ini tidak pernah sepi dari pengunjung lho! Jika Anda mau berkunjung ke sini, hindari hari-hari libur atau tanggal merah karena jumlah pengunjung pasti jauh lebih membludak dibanding hari biasa. 

Berkunjung ke Sate Klathak Pak Pong juga lebih menyenangkan kalau rame-rame bersama teman atau keluarga, biar Anda bisa mencicipi semua menu yang ada!