• shopping
  • ·
  • 18 Aug 2021

Oleh-oleh Jogja yang Enak dan Kekinian

Akan salah rasanya jika pergi ke Jogja tanpa membawa oleh-oleh makanan, membagi rasa bersama saudara dan teman-teman tentang pengalaman berlibur yang sulit untuk dilupakan. Pilihan oleh-oleh makanan di Jogja seperti ikon yang menggambarkan betapa berwarnanya kota ini, mulai dari bakpia, gudeg dan jajanan lain yang menjadi favorit wisatawan dari luar kota maupun mancanegara. Berikut oleh-oleh Jogja paling enak dan kekinian yang bisa dicoba  kamu pergi ke Jogja:

  1. Bakpia 


Kredit Infojogjakarta.com

Siapa yang tidak kenal dengan bakpia? Kudapan yang diproses dengan pemanggangan ini menjadi kudapan yang terkenal dan paling digemari oleh seluruh warga Indonesia, dengan rasanya yang sangat khas, kudapan tradisional ini  memberikan perasaan hangat dan nyaman di setiap gigitan.

  1. Bakpia Kukus


Kredit IDN Times

Sebagai pendatang baru kuliner Jogja, bakpia kukus  hadir dengan wajah yang berbeda. Bakpia Kukus Tugu Jogja diproses pengolahan yang lebih modern, berbeda bentuk dari bakpia tradisional, juga packaging yang higienis. testimoni dari penikmat bakpia juga berbeda. Kue yang lembut dan moist diluar dan lumer di dalam membuatnya terasa seperti melting cake. Kamu bisa mencoba bakpia kukus dari Bakpia Kukus Tugu Jogja di toko resmi (link) dan mitra (link)

  1. Gudeg Kaleng


Kredit Tribun Jogja.

Apakah kamu pernah mencoba makanan kaleng seperti tuna ataupun manisan buah? Makanan kalengan tentu mempunyai shelf life yang lebih lama daripada makanan olahan biasa. Gudeg yang dulunya dibungkus dalam besek atau kendil kini hadir dalam bungkus kaleng yang lebih praktis, menarik bukan? Gudeg kaleng dapat disimpan selama satu tahun sebelum dibuka dan satu hari setelah dibuka. 

  1. Walang goreng


Kredit Indozone.

                    Jika berkunjung ke Gunung Kidul, wajib mencoba kuliner ekstrem ini. Aneh memang ide memakan walang, tapi kalau sudah coba pasti langsung ketagihan! Teksturnya yang sangat renyah dan gurih pasti membuat kamu ingin memakannya lagi dan lagi seperti menikmati kudapan keripik pada umumnya. Walang atau belalang yang dianggap menjadi hama yang merusak tanaman ini menjadi komoditas bagi warga gunung kidul, menyulapnya menjadi variasi kuliner yang sangat bernutrisi, walang ini mempunyai protein 30%-40% lebih tinggi dari udang, daging sapi dan ayam. Kaya akan asam amino yang membantu mempercepat pertumbuhan sel-sel dalam tubuh dan meningkatkan stamina.

  1. Keripik belut 


Kredit Detik.com.

Tak banyak yang tahu bahwa keripik belut adalah oleh-oleh andalan dari kabupaten Sleman, kudapan yang lumayan ekstrem dengan cita rasa yang renyah, gurih dan lezat. Mungkin sedikit aneh mendengar belut sebagai makanan karena rupanya yang menyerupai ular, padahal sebenarnya belut ini lebih mirip dengan ikan lele. 

  1. Tasuba


Kredit Blibli.com

Tasuba atau tahu susu bakso adalah makanan yang cukup laris di Jogja. Makanan ini memiliki tekstur yang lebih padat dibandingkan dengan tahu bakso lainnya. Selain itu tahu ini memiliki isian yang lebih gurih dan bebas pengawet. Tasuba ini awet hingga 6 bulan meskipun tidak menggunakan bahan pengawet. 

  1. Cokelat Monggo


Kredit BP Guide.

                   Coklat lokal dengan kualitas internasional ini. Setiap bahan dalam produk Cokelat Monggo ini didapatkan dari biji-biji coklat pilihan di Indonesia, yaitu Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Cokelat Monggo tersedia berbagai macam rasa coklat, seperti durian, coklat putih, mangga, jeruk, hingga cabai merah.