• culinary
  • ·
  • 19 Jul 2022

Olive Chicken, Kuliner Murah yang Wajib Dicoba di Jogja


Warga Jogja pasti sudah sangat familiar dengan kuliner murah meriah yang satu ini! Olive Chicken adalah gerai ayam goreng yang sukai semua warga Jogja karena rasanya yang enak dan harganya yang ramah di kantong. Karena harganya yang terjangkau, Olive Chicken menjadi menu andalan mahasiswa dan pelajar di Jogja menjelang akhir bulan.


Baca juga: 10 Jajanan Tradisional Yogyakarta yang Legendaris 


Namun, apakah Anda tahu sejarah berdirinya hingga  Olive Chicken bisa menjadi makanan favorit masyarakat Jogja? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Olive Chicken, Andalan Mahasiswa di Jogja

Foto oleh @rilanglang




Selain harganya yang terjangkau mahasiswa, ternyata Olive Chicken memiliki rasa yang tak kalah enak dari brand fast food ternama di Indonesia loh! Gerai ayam goreng ini tidak hanya menyediakan ayam goreng, tapi Anda bisa menemukan berbagai menu lain seperti Ayam Geprek, Steak Ayam, Burger, hingga Kentang Goreng di Olive Chicken.


Olive Chicken menyimpan banyak kenangan manis bagi mahasiswa maupun Anda yang pernah tinggal di Jogja, karena sudah berdiri sejak 10 tahun yang lalu. Tempat ini sering juga dijuluki sebagai KFC lokal Jogja karena rasanya yang gurih, dagingnya yang sangat lembut, serta potongan ayamnya yang cukup besar untuk harga tak sampai Rp15.000.


Semenjak berdiri pada tahun 2011, Olive Chicken menjadi gerai ayam goreng yang memiliki cabang terbanyak di Jogja. Olive Chicken didirikan oleh sepasang suami istri yaitu Kunardi Sastrawidjadja dan Aurora Sri Rahayu yang membuka gerai Olive chicken pertama mereka di daerah Taman Siswa.


Pemilik Olive Chicken yang biasa disapa dengan Pak Kun, tidak pernah menyangka jika bisnis ayam gorengnya ini akan melesat jauh sampai saat ini. Asal mula Pak Kun mendirikan Olive Chicken ini karena ingin membalas budi kepada Kota Jogja dan masyarakatnya yang telah membantu dirinya saat masa muda.


Setelah sukses dengan Olive Chicken, Pak Kun membangun sister brand bernama Karen’s Chicken yang juga menjual ayam goreng sama seperti Olive.

Harga Menu di Olive Chicken

Foto oleh Nanisa Davsra


Harga menu di Olive Chicken berkisar dari Rp8.000-Rp15.000 untuk paket ayam gorengnya yang sudah termasuk nasi hangat dan es teh. Paket yang ditawarkan Olive Chicken dibagi menjadi 5 bagian sesuai dengan potongan ayamnya, mulai dari sayap, dada lembut, dada tulang, paha atas, dan paha bawah. Di sini juga tersedia berbagai pilihan minuman selain es teh, seperti lemon tea dan milo.


Bagi Anda yang menyukai pedas, paket ayam geprek Olive Chicken tentu tak boleh dilewatkan begitu saja. Hanya dengan menambah Rp3.500 dari harga paket ayam yang dipilih, Anda sudah bisa merasakan geprek olive yang pedas dan nikmat.


Salah satu rahasia dapur Olive Chicken yang selalu dijaga sampai saat ini adalah kualitas ayamnya yang selalu fresh dan dijamin 100% halal. Jadi, bagi Anda yang belum pernah mencicipi ayam goreng Olive Chicken, pastikan untuk langsung mencobanya saat Anda berkunjung ke Jogja.

Lokasi Outlet Olive Chicken

Foto oleh Nicolas Ekaputera Samuel


Olive Chicken saat ini memiliki 115 gerai ayam goreng yang tersebar di Jogja, Solo, Semarang, hingga Kebumen. Meskipun sudah memiliki banyak cabang, Pak Kun ternyata tidak membuka waralaba untuk bisnis Olive Chicken ini, jadi semua kepemilikan gerainya adalah milik pribadi saja. 


Cabang Olive Chicken di Jogja tersebar lebih dari 50 cabang yang tersebar di setiap sudut kota ini. Terdapat dua jenis gerai Olive Chicken yaitu gerai untuk Takeway dan Dine In. Salah satu gerai terbesar Olive Chicken terletak di cabang Rejodani.

Foto oleh Agus Fajar


Gerai cabang ini memiliki bangunan yang cukup luas dan menyediakan area playground anak yang berupa seluncuran dan beberapa permainan lainnya. Selain itu, mereka juga menyediakan baby’s chair yang memudahkan pengunjung yang membawa anak-anak.


Olive Chicken buka setiap hari mulai pukul 09.00-21.00 WIB. Bagi Anda yang malas beranjak dari kasur, Anda bisa memesan berbagai paket menu di Olive Chicken melalui aplikasi online delivery.


Demikian adalah ulasan mengenai Olive Chicken yang legendaris di Jogja. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?