• shopping
  • ·
  • 12 Aug 2021

Rekomendasi Tempat Oleh-Oleh Murah di Jogja

                Wajib sekali sebagai budaya orang Indonesia membawa oleh-oleh, sapa kerabat atau kawan “Jangan lupa oleh-olehnya!” pasti selalu kita dengar sebelum pergi berlibur. Jogja selain tempat wisatanya yang tidak terkalahkan, tidak bisa dipungkiri juga surganya tempat belanja dan oleh-oleh, tidak lengkap rasanya tidak berbelanja di kota serba murah ini. Banyak sekali tempat yang menjual oleh-oleh yang unik, orisinil, maupun kekinian semuanya ada di Jogja. Berikut rekomendasi tempat oleh-oleh murah di Jogja.

  1. Pasar Beringharjo


Kredit: Rumah.com

Sebagai bagian dari Malioboro, Pasar Beringharjo menjadi pusat kegiatan ekonomi sendiri dan keberadaannya sangat bersejarah, renovasi yang dilakukan beberapa kali seperti melambangkan perkembangan kehidupan manusia yang bergantung pada ekonomi pasar ini. 

Walaupun artinya yang besar bagi Jogja, Pasar Beringharjo memberikan harga yang sangat murah, dan bisa menawar juga, lho. Selain itu Pasar Beringharjo dikenal sebagai pasar yang serba ada, mulai dari kebutuhan sehari-hari, kuliner, pakaian, pernak-pernik semuanya ada disini.

  1. Malioboro


Kredit: Instagram/@yrrr_swang._

Siapa yang tidak kenal dengan Malioboro? Tidak afdol rasanya jika ke Jogja sebelum ke kawasan Malioboro. Tempat yang selalu ramai akan pengunjung ini buka selama 24 jam per hari. Pada malam hari Malioboro lebih menarik, dengan warna-warni lampu yang menghangatkan dan juga terdapat warung lesehan yang menjajakan makanan khas Yogyakarta cocok untuk berkumpul ataupun nongkrong.

Malioboro mempunyai berbagai macam kategori toko mulai dari mall, pedagang kaki lima, maupun kios-kios kecil; sepanjang jalan Malioboro terdapat jajanan, kuliner, pakaian, batik khas Jogja, kerajinan tangan dan oleh-oleh khas Jogja. Untuk masalah harga Malioboro mempunyai variasi dari yang murah sampai yang mahal karena pamornya yang terkenal sampai ke manca negara, pengunjung harus pintar menawar harga untuk mendapat pengalaman belanja yang lebih murah.

  1. Dagadu


        Kredit: ksmtour.com


                Dagadu adalah merk yang cukup ternama di Jogja, menjual berbagai macam kaos di harga yang terjangkau. Dengan ciri khas desain kata-kata humor, kritis membuatnya sangat unik dan cocok untuk menjadi oleh-oleh sehabis pulang dari Jogja. Selain kaos Dagadu juga menjual totebag, celana, baju anak dan kaos polo.

  1. Mirota Kampus


            Kredit: Embunpagihari.com

                    Salah satu tempat berbelanja oleh-oleh murah adalah Mirota Kampus, dengan banyaknya cabang, wisatawan tidak perlu repot mencari tempat oleh-oleh jauh dari tempatnya menginap. TIdak hanya oleh-oleh Mirota Kampus menyediakan berbagai macam kebutuhan belanja seperti makanan, kebutuhan sehari-hari, kosmetik, alat tulis, aksesoris, elektronik dan souvenir khas Jogja. Mirota Kampus mempunyai misi memberikan servis yang terbaik dan ramah dengan harga yang miring.

  1. Desa Wisata Krebet


   Kredit: Tribun Jogja

                Berbeda dari tempat-tempat sebelumnya, Desa Wisata Krebet adalah tempat untuk berburu barang kerajinan unik. Terletak di daerah bantul, disini adalah sentra kerajinan batik kayu, berbeda dengan batik kain pada umumnya, dekorasi batik yang biasanya ditulis di pakaian, ditulis di medium kayu. Hasil batik kayu ini menjadi souvenir seperti wayang, topeng dan ribuan jenis kerajinan tangan. Kerajinan yang dirintis sejak tahun 1970-an, pada tahun 2002 Desa Krebet mendapatkan gelar desa wisata oleh pemerintah kabupaten Bantul, sejak saat itu telah menjadi sentra penghasil batik kayu yang pasarnya sudah mendunia.


Jika ingin berwisata ke Jogja, jangan lupa juga membeli Bakpia Kukus Tugu Jogja sebagai pilihan oleh-oleh, ya! Ada beberapa gerai toko (link) dan mitra (link) Bakpia Kukus Tugu Jogja termasuk di Mall Malioboro, sesuai rekomendasi tempat oleh-oleh yang sudah disebutkan. Bakpia Kukus Tugu Jogja adalah oleh-oleh wajib karena rasanya yang enak dan berbeda, untuk buah tangan keluarga dan teman-teman kamu yang paling kekinian!