• culinary
  • ·
  • 13 Aug 2021

Resep Bakpia Kukus Ala Rumahan Yang Kamu Bisa Coba di Rumah

Untuk orang-orang dari luar Jogja, pasti kangen dengan Jogja apalagi rasa makanan khas Jogja yang rasa-rasanya tidak bisa menyamai kuliner di kota lain, terutama bakpia. Bakpia Kukus Tugu Jogja mempunyai resep rahasia yang diproses dengan cara yang berbeda untuk memenuhi standar kualitas dan memberikan sajian bakpia kukus yang lembut dan legit untuk pelanggan. Untuk kamu yang liburan ke Jogja-nya masih tertunda karena PPKM, jangan sedih resep mudah bakpia kukus ala rumahan berikut bisa dicoba untuk mengobati rindu.


Bahan-bahan:

  1. 50 gr terigu protein rendah

  2. 10 gr maizena

  3. 50 gr gula pasir

  4. 2 butir telur

  5. 3/4 sdt SP Emulsifier

  6. 2 tetes pewarna kuning (optional, supaya warnanya lebih "hidup")

  7. 50 gr lelehan margarin

Isian:

  1. 75 gr Selai isian sesuai selera

  2. 100 ml air

  3. 10 gr tepung terigu

  4. 2 sdm susu kental manis


Langkah

  1. Untuk isian, campur selai isian, air, tepung terigu dan susu kental manis. Panaskan dengan api kecil sambil terus diaduk. Ketika selai sudah mengental matikan api. Sisihkan dan dinginkan. Masukkan ke dalam piping bag untuk mempermudah step selanjutnya.

  2. Gunakan mixer dari speed tinggi untuk mengocok telur, lalu masukan gula pasir dan SP secara perlahan. Mix sampai menyatu dan lembut.

  3. Turunkan mixer ke speed rendah, masukkan tepung dengan saringan.

  4. Masukan margarin cair ke dalam adonan, aduk tanpa mixer.

  5. Tuangkan ½ adonan ke cetakan bulat, kukus 5 menit dengan kukusan yang sudah dipanaskan sebelumnya. Gunakan api sedang kecil. 

  6. Ketika adonan sudah matang dalam kukusan, lapis adonan dengan isian, lalu lapisi lagi dengan adonan. Kukus lagi selama 5 menit.

  7. Angkat bakpia dari kukusan. Keluarkan dari cetakan dan dinginkan. 

  8. Bakpia kukus yang lembut dapat langsung disajikan.