• culinary
  • ·
  • 01 Jun 2022

Soto Bathok Mbah Karto: Keunikan, Lokasi, dan Info lainnya

Berwisata ke Kota Jogja, tak lengkap rasanya jika tidak menjelajah wisata kuliner legendaris yang ada di sini. Selain terkenal dengan gudeg dan juga bakpia, Kota Jogja juga terkenal dengan kuliner sotonya yang melegenda. Salah satu diantaranya adalah Soto Bathok Mbah Karto yang pasti sudah tidak asing terdengar di telinga Anda.


Kuliner soto bathok ini ternyata menjadi salah satu destinasi yang dicari-cari oleh para wisatawan karena keunikan dan juga rasanya yang enak. Jika Anda berencana mengunjungi tempat kuliner yang satu ini, simak ulasan lengkap mengenai Soto Bathok Mbah Karto berikut ini!

Nikmatnya Soto yang Disajikan dalam Bathok

Foto oleh @santapanhent


Soto Bathok Mbah Karto adalah salah satu destinasi kuliner wajib dikunjungi saat Anda berada di Jogja, soto legendaris yang satu ini mulai tahun 2015 silam. Bangunan warung ini sendiri masih sangat tradisional dengan banyak ornamen bambu dan lantainya yang langsung ke tanah.


Sesuai namanya, penyajian soto bathok ini menggunakan mangkuk yang terbuat dari batok kelapa dan juga piring gerabah. Soto ini memiliki kuah bening dan berisikan potongan daging sapi, tauge, bihun, dan kubis yang dicampur ke dalam kuah.


Makanan yang satu ini cocok disantap di pagi hari untuk sarapan sembari menikmati pemandangan sawah yang membentang di sekitar area warung. Soto Bathok Mbah Karto hanya memiliki dua varian menu yaitu soto campur dan soto pisah.


Saat Anda mencoba soto bathok, jangan lupa untuk mencicipi hidangan pelengkapnya seperti tempe goreng, sate usus, dan sate telur puyuhnya yang memiliki cita rasa otentik. Salah satu yang menjadi favorit para pengunjung adalah tempe goreng garit yang sangat terkenal karena memiliki rasa yang gurih serta memiliki tekstur renyah di bagian luar dan lembut di dalam.


Setiap harinya, warung Soto Bathok Mbah Karto selalu ramai oleh pengunjung dari masyarakat sekitar hingga para wisatawan yang sedang berkunjung. Saat Anda memasuki bagian depan, akan langsung disambut oleh pegawai yang siap mencatat menu pesanan Anda dan memberikan nomor meja saat sudah selesai.


Kemudian Anda bisa langsung memilih meja atau tempat mana yang ingin digunakan untuk menikmati soto bathok, di tempat ini terdapat beberapa pilihan tempat seperti lesehan dan kursi. Untuk Anda yang datang bersama rombongan, sebaiknya melakukan reservasi tempat terlebih dahulu, agar bisa mendapatkan tempat duduk yang lebih nyaman.


Soto Bathok Mbah Karto juga memiliki beberapa fasilitas lain untuk menambah kenyamanan pengunjung seperti mushola, ayunan, dan juga kolam ikan yang berada di dalam area warung.

Lokasi dan Cara Menuju ke Soto Bathok Mbah Karto

Foto oleh budira6


Lokasi soto bathok sendiri terletak di Sambisari, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, letak Soto Bathok Mbah Karto ini sangat mudah ditemukan karena berada di pinggir jalan. Lokasi warung soto legendaris yang satu ini masih dalam 1 kompleks dengan wisata Candi Sambisari yang terletak 300 meter ke selatan. Jadi selain berwisata kuliner, Anda juga bisa menyempatkan waktu untuk berwisata sejarah di Dusun Sambisari.

Harga Menu Soto Bathok Mbah Karto

Foto oleh @cmpkcs


Harga dari soto bathok di sini sangatlah terjangkau, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp6,000 untuk soto campur dan Rp8.000 untuk soto pisah. Selain itu, harga menu pelengkapnya juga masih terjangkau, mulai dari Rp2.000 untuk setiap pcs nya. Dengan harga murah, Anda sudah bisa mendapatkan rasa soto yang nikmat ditambah pemandangan sawah yang asri.



Itu dia ulasan lengkap mengenai Soto Bathok Mbah Karto kuliner legendaris khas Jogja. Apakah Anda tertarik untuk mencoba kuliner yang satu ini?