• lifestyle
  • ·
  • 19 May 2022

Tips Perawatan Kulit Ala Putri Keraton

Perawatan kulit bagi para wanita menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan. 

Bagi perempuan Indonesia, salah satu tren perawatan kulit yang masih dijadikan acuan adalah merawat kulit ala putri keraton. Metode perawatannya dikenal menggunakan bahan alami dan herbal.

Seperti apa cara perawatan kulit yang dilakukan oleh para putri keraton? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

  1. Minum Jamu

Foto oleh Cookpad/@Lidha_270189


Selain menjaga kesehatan dan melakukan perawatan kulit dari luar, wanita keraton jaman dahulu juga mulai merawat kulit mereka dari dalam dengan mengonsumsi jamu tradisional yang dibuat dari berbagai rempah khas Indonesia. 

Salah satu jamu yang bisa Anda coba untuk membuat kulit lebih halus dan lembab adalah Kunir Asem (Kunyit Asam) yang mudah ditemukan di sekitar kita. 

Minum jamu secara rutin ternyata juga membantu menjaga kesehatan pencernaan tubuh serta bisa menjadi detoks alami untuk membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh kita. 

Perawatan kulit menggunakan jamu biasanya akan lebih terlihat signifikan, jika rutin meminumnya setiap hari.

  1. Luluran

Foto oleh Pixabay/JIb_Enjoy


Perawatan kulit ala putri keraton selanjutnya adalah dengan menggunakan lulur di badan secara rutin. 

Menggunakan lulur membantu kulit kita untuk lebih cepat beregenerasi dan membuang kulit mati yang masih menempel. Selain itu, lulur juga berfungsi untuk melembabkan dan mengencangkan kulit sehingga terlihat lebih awet muda. 


Saat ini sudah banyak brand yang memiliki produk lulur yang cocok digunakan untuk perawatan kulit dengan menggunakan bahan-bahan tradisional. Sebaiknya gunakan lulur sebelum mandi, agar hasilnya terlihat lebih maksimal.

  1. Memakai Masker Rempah

Foto oleh Pexels/Shiny Diamond


Tips perawatan kulit selanjutnya adalah menggunakan masker wajah yang berbahan dasar dari rempah pilihan. Selain bisa diolah sebagai makanan atau minuman, rempah yang ada di Indonesia juga bisa digunakan sebagai masker wajah yang memiliki segudang manfaat.


Tak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak brand yang menjual produk masker rempah tradisional yang sudah memiliki ijin BPOM. 

Masker rempah sendiri bisa melembabkan, membuat wajah terlihat lebih kencang, dan mencerahkan wajah. Perawatan kulit yang satu ini bisa Anda lakukan secara rutin setiap harinya di rumah, karena hanya memerlukan waktu 10 hingga 15 menit sampai masker mulai mengering.

  1. Menggunakan Air Mawar

Foto oleh Pexels/Polina Kovaleva


Perawatan kulit yang bisa Anda coba selanjutnya adalah menggunakan produk-produk yang berbahan air mawar (rose water)

Salah satu produk yang bisa Anda gunakan adalah toner berbahan air mawar. Kandungan dalam air mawar ternyata bisa membantu menghidrasi kulit, mencegah kulit berjerawat, dan mencegah terjadinya peradangan di wajah.


Selain itu air mawar juga bisa Anda jadikan sebagai deodoran, hal ini dikarenakan wangi dari mawar sendiri bisa mengurangi bau badan yang menyengat. Ditambah lagi, air mawar ini juga bisa menghaluskan tekstur dari ketiak yang seringkali terasa kasar.


  1. Menggunakan Bedak Dingin

Foto oleh Blibli


Tips perawatan kulit yang terakhir adalah menggunakan bedak dingin untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung. 

Cara ini sudah dilakukan turun temurun oleh para putri keraton untuk membantu menjaga kesehatan kulit mereka. Manfaat yang paling terasa dari bedak dingin adalah bisa membantu mencegah penuaan pada kulit wajah.


Itu dia tips perawatan kulit ala putri keraton yang bisa Anda coba lakukan di rumah. Mudah bukan?