• travel
  • ·
  • 13 Dec 2022

Wisata Kalibiru: Jam Buka, Lokasi, dan Info Lainnya

Sebagai salah satu kota wisata yang terkenal di Indonesia, Yogyakarta terbukti memiliki berbagai jenis wisata mulai dari budaya, seni, kuliner, hingga wisata alamnya yang indah. Anda bisa menemukan berbagai jenis wisata alam mulai dari pegunungan, pantai, sungai hingga hutan yang seru untuk dijelajahi. Wisata Kalibiru adalah satu dari sekian banyak destinasi alam favorit wisatawan saat mereka berkunjung ke Jogja.


Baca juga: Tunqu Nangkring: Menikmati Pizza Kaki Lima di Dekat Tugu Jogja 


Keindahan Wisata Kalibiru pun tak hanya dikenal oleh wisatawan domestik saja, namun sudah merambah ke wisatawan internasional. Nah, jika Anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai pesona dan keindahan Wisata Kalibiru, yuk kita simak informasi selengkapnya berikut ini!

Daya Tarik Wisata Kalibiru

Foto oleh @nunung.nurlaela


Wisata Kalibiru adalah objek wisata yang berlokasi di Kulon Progo dan masih berada di kawasan Waduk Sermo. Tempat ini berada di 450 mdpl dan dikelilingi oleh area hutan yang asri karena ekosistemnya yang terus dilestarikan oleh pengelola wisata. Daya tarik utama dari tempat ini adalah Anda bisa melihat area Waduk Sermo dari atas ketinggian dan juga melihat hamparan perbukitan yang terlihat jelas.

Untuk bisa sampai ke bagian atas Wisata Kalibiru, Anda perlu trekking sekitar 10-15 menit dari area parkir. Ada berbagai hal menarik yang bisa Anda temukan di kawasan ini, berikut ini adalah beberapa spot seru yang bisa dicoba:

  • Spot Foto

Wisata Kalibiru menyediakan berbagai spot foto yang bisa Anda pilih, setiap sudut tempat ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dan sayang jika tidak diabadikan melalui foto maupun video.

  • Flying Fox & High Rope

Bagi Anda yang suka memacu adrenalin, Wisata Kalibiru memiliki wahana Flying Fox dan juga High Rope yang berada di atas area hutan. Tak perlu khawatir, karena semua wahana yang ada di sini sudah dilengkapi dengan guide dan juga peralatan keamanan standar. Jarak flying fox yang ada di tempat ini adalah 50 meter dan 85 meter. Wisata ini juga bisa dicoba mulai dari anak-anak hingga orang dewasa loh! 


Wisata Kalibiru bisa jadi opsi lain untuk destinasi wisata keluarga di Jogja yang murah dan pastinya menyenangkan. Anda juga bisa mengabadikan momen bermain Flying Fox dan High Rope ini melalui kameramen yang sudah standby agar momen liburan jadi semakin memorable!

  • Cafe

Anda tak perlu repot-repot membawa makanan dari rumah, karena di Wisata Kalibiru sudah tersedia area cafe yang memiliki berbagai menu snack hingga makanan berat yang bisa Anda nikmati selama berkunjung ke tempat ini.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Wisata Kalibiru adalah pada pukul 07.00-11.00 WIB karena Anda bisa melihat pemandangan hutan serta Waduk Sermo dengan lebih jelas. Anda bisa menggunakan sunscreen atau membawa topi saat berkunjung ke wisata ini, agar terhindar dari sinar matahari yang cukup menyengat kulit saat siang hari. Jika Anda berkunjung saat musim kemarau, area hutan dan bukit akan berubah menjadi lebih kuning karena banyak pepohonan yang mengering.

Lokasi dan Jam Buka

Foto oleh @deviasetya


Wisata Kalibiru berlokasi di Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Jarak tempat ini dari pusat kota Yogyakarta sekitar 40 KM dengan waktu tempuh 1,5 jam menggunakan kendaraan pribadi. Sepanjang jalan menuju ke Wisata Kalibiru, Anda akan disambut dengan pemandangan pepohonan pinus dan juga jalan berkelok yang membuat perjalanan Anda semakin seru. Sebelum Anda berangkat menuju ke Wisata Kalibiru, pastikan kondisi kendaraan Anda dalam kondisi prima karena banyak jalan yang menanjak untuk sampai di tempat wisata ini. 

Harga Tiket Masuk Wisata Kalibiru

Foto oleh @lestyo.andri


Berikut ini adalah informasi mengenai harga tiket masuk ke Wisata Kalibiru yang terbaru:

  • Tiket Masuk Turis Domestik: Rp 10.000/orang

  • Tiket Masuk Turis Internasional: Rp 20.000/orang

  • Tiket Flying Fox Dewasa: Rp 10.000

  • Tiket Flying Fox Anak: Rp 5.000

  • Parkir Motor: Rp 3.000

  • Parkir Mobil: Rp 5.000

Di tempat ini juga tersedia area penginapan dengan tarif per malamnya berkisar dari Rp 150.000-Rp 200.000 saja. Anda juga bisa mencoba sensasi menaiki jeep dan berkeliling ke tempat wisata lainnya di sekitar Kalibiru dengan membayar Rp 500.000 untuk 5 orang.


Objek wisata Kalibiru buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Demikian ulasan mengenai salah satu objek wisata alam di Jogja, jangan lupa untuk menambahkannya ke dalam agenda wisata Anda untuk akhir pekan kali ini, ya!